18 Proyek Terbaik dari Raspberry Pi

Project Raspberry Pi

Raspberry Pi juga sering disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (single-board circuit) yang hanya seukuran kartu kredit. Raspberry Pi adalah teknologi yang berkonsep IOT (Internet Of Things). Cara kerja dari Raspberry mirip dengan computer pada umumnya.

Raspberry Pi ini dikembangkan oleh suatu yayasan nirlaba, bernama Rasberry Pi Foundation, yang dimiliki oleh beberapa pengembang dan para ahli komputer dari Universitas Cambridge, Inggris.

Diklaim sebagai computer yang bisa menciptakan programmer bary. Karena ketika membeli sebuah Raspberry Pi, hanya menemukan kumpulan komponen kosong tanpa kabel, casing, aplikasi, dan operating system. Semua pengaturannya diatur sendiri oleh pemakainya. Dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar 70 ribu.

Baca juga : Perusahaan Adobe Mulai Mengembangkan AI

Faktanya, banyak proyek-proyek kreatif yang dibuat menggunakan Raspberry Pi. Berikut adalah berbagai proyek kreatif yang menggunakan Raspberry Pi.

1.   Raspberry Pi LED Matrix

Raspberry Pi LED Matrix
Raspberry Pi LED Matrix

Membuat lampu LED Matrix dibuat dengan menggunakan Raspberry Pi. Proyek LED Matrix ini menunjukkan bagaimana Raspberry Pi dan konsep open source dapat digunakan untuk membuat berbagai hal kreatif.

2.   Raspberry Pi Black Stripes V-Plotter

Raspberry Pi Black Stripes V Plotter
Raspberry Pi Black Stripes V Plotter

Dengan mengubah foto berwarna menjadi mural hitam putih berukuran besar, alat yang dinamakan Black Stripes didukung dengan Raspberry Pi. Meskipun proyek ini tidak sepenuhnya open source, karena pengembang tidak memberikan source code secara gratis, namun Black Stripes mampu menunjukkan bagaimana kehebatan Raspberry Pi.

3. Netbook

Netbook Raspberry Pi
Netbook Raspberry Pi

LapPi adalah laptop buatan yang menggunakan Raspberry Pi. Demi terciptanya proyek ini memang membutuhkan upaya yang maksimal agar hasinya dapat tercipta dengan sempurna. Saat laptop ini sudah jadi, performanya tidak kalah dengan laptop yang bermerek sekalipun bahkan harganya jauh lebih murah.

4. Konsol Game Portabel

Konsol Game Portabel Raspberry Pi
Konsol Game Portabel Raspberry Pi

Pi Portable Game Console adalah sebuah projek yang bisa memainkan permainan favorit dimana pun dan kapan pun tanpa harus menghabiskan jumlah uang yang.

5. Membuat Media Smart TV

Media Smart TV Raspberry Pi
Media Smart TV Raspberry Pi

Untuk pembuatan media smart TV. Caranya dengan menghubungkan Raspberry PI ke router yang telah terfasilitasi DHCP melalui kabel RJ45.

6. Membuat Picrowave

Picrowave Raspberry Pi
Picrowave Raspberry Pi

Raspberry Pi bahkan bisa memodifikasi microwave tua Anda di rumah menjadi Picrowave. Bisa dibilang Picrowave adalah microwave pintar yang mampu terhubung dengan internet. fitur itu berkat Raspberry Pi yang ada di dalamnya. Picrowave ini bisa memberikan perintah dalam berbagai cara seperti dengan kontrol suara, post tweet, kontrol melalui website, smartphone, dan barcode scanner untuk memperoleh intruksi memasak secara online.

7. Pembuatan CCTV

CCTV Raspberry Pi
CCTV Raspberry Pi

Raspberry Pi dilengkapi fitur motion sensor camera, yang dapat berguna untuk menjadi kamera pemantau atau cctv bagi penggunanya. sehingga dapat memonitoring seluruh kondisi rumah. Untuk membuat kamera pemantau, gunakan Parallax Passive Infrared (PIR). Meski pembuatan CCTV sangat menguras waktu , namun hasil yang didapat sepadan dengan hasil yang didapatkan.

8. Penerjemah kode Morse

Penerjemah Kode Morse Raspberry Pi
Penerjemah Kode Morse Raspberry Pi

Raspberry Pi ternyata bisa untuk menjadi alat penerjemah kode morse. Seperti yang dilansir oleh Gizmodo, alat yang disebut Morse Code Transmitter ini mirip dengan alat penerjemah kode morse saat era perang dunia dahulu tapi dengan sentuhan modern.

9. Smart Home

Smart Home Raspberry Pi
Smart Home Raspberry Pi

Raspberry Pi. Pembuatan aplikasi smart home dengan Raspberry Pi yang membuat anda dapat mengontrol keadaan rumah dengan mudah dan praktis. Hal ini memungkinkan penggua untuk memonitor peralatan apapun di rumah dari jarak jauh. Alat ini dapat menghidupkan dan mematikan listrik, TV, lampu, kipas, AC.

10. Radio

Pirate Radio Raspberry Pi
Pirate Radio Raspberry Pi

Pirate Radio adalah radio Pi yang dibuat berdasarkan radio receiver, SD card, kabel koneksi, Raspberry Pi dan beberapa langkah pengkodean. Alat ini dapat memutar radio favorit ataupun apapun seperti membantu penggunanya untuk menemukan frekuensi FM yang baik untuk mendapatkan kualitas yang terbaik.

11. Twitter Bot

Twitter Bot Raspberry Pi
Twitter Bot Raspberry Pi

Pi Twitterbot adalah proyek yang dibuat menggunakan Raspberry Pi.  Proyek ini menghasilkan sebuah mesin Twitter yang berfungsi secara penuh selayaknya ketika menggunakan Twitter. Bot ini dapat mengelola akun, menerima dan membaca tweet, mengirim pesan dan berinteraksi dengan followers.

Baca Juga : Microsoft Membuat Bahasa Pemrograman Bosque

 12. Multi-Room Music Player

Multi Room Music Player Raspberry Pi
Multi Room Music Player Raspberry Pi

Pi Multi-room Music Player adalah alat yang dibuat dengan Raspberry Pi yang dimana nda dapat meng-upgrade alat pemutar musik Anda dengan sistem musik yang terintegrasi dengan Raspberry Pi. Sistem integrasi ini memungkinkan untuk mengontrol pemutar musik dimanapun hanya dengan smartphone.

13. Raspberry Pi Retro Rotary Dial Phone

Retro Rotary Dial Phone Raspberry Pi
Retro Rotary Dial Phone Raspberry Pi

Seorang Hacker Hardware bernama Stuart Jhonson dari Inggris mengubah telepon klasik produksi tahun 1970 menjadi telepon VOIP (Voice Over Internet Protocol). VOIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Bagian dalam telah diubahnya dengan menambahkan perangkat Raspberry Pi. Meskipun dari luarnya tampak seperti telepon lama, namun telepon ini mampu menerima panggilan telepon VOIP.

14. Printer

Printer Raspberry Pi
Printer Raspberry Pi

Printer pintar ini dapat melakukan hal lebih dari printer biasanya. Hal ini berdasarkan pemrograman yang terpasang padanya. Misalnya Anda dapat mencetak ramalan cuaca, TTS untuk diisi, daftar favorit tweet, dll.

15. Digital Garden

Digital Garden Raspberry Pi
Digital Garden Raspberry Pi

Pibrella sendiri merupakan mesin khusus hasil kustomisasi Raspberry Pi. Di dalamnya terdapat sebuah motor yang dapat diatur dengan pemrograman sederhana untuk tampilan yang memukau.

16. Raspberry Pi Home Alarm Plus

Home Alarm Plus Raspberry Pi
Home Alarm Plus Raspberry Pi

Proyek ini adalah open source home alarm monitoring system dengan menggunakan Raspberry Pi, Netduino Plus dan ATtiny 85. Berbeda dengan alarm rumah pada umumnya, sistem alarm ini telah terintegrasi dengan smartphone, setiap laporan dapat muncul melalui notifikasi pada email, local web server dan notifikasi. 

17. Lampu Otomatis

Lampu Raspberry Pi
Lampu Raspberry Pi

Raspberry Pi GPIO Home Automation adalah proyek yang dapat mengontrol lampu dimanapun disetiap sisi rumah. Pengguna bahkan dapat mengatur on atau off lampu sesukanya dengan menggunakan web app di smartphone.

18. Kamera Touchscreen

Camera Touchscreen Raspberry Pi
Camera Touchscreen Raspberry Pi

Pi Touchscreen Camera adalah proyek sederhana yang memiliki fitur sama seperti kamera touchscreen biasanya. Kamera ini pun dapat mengirimkan foto ke komputer dengan bantuan dari Dropbox yang menggunakan Wi-Fi.

Menurut kalian dari 18 Project tersebut mana menurut kalian yang keren? Project yang Raspberry Pi Retro Rotary Dial Phone itu keren lho, kenapa? karena Stuart Jhonson bisa mengubah telepon klasik menjadi telepon VOIP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *