3 Bahasa Pemrograman Pembuat Aplikasi Android

android logo

Android menjadi salah satu OS yang paling banyak digunakan di dunia ini. sehingga pelayanan pada OS ini terus ditingkatkan, salah satunya pada aplikasinya.

Dan cara untuk membuatnya yaitu dengan bahasa pemrograman. Namun, kenyataanya hanya terdapat beberapa saja bahasa pemrograman yang serbaguna, powerfull, dan didukung secara luas untuk pengembangan aplikasi android (mobile).

Meskipun sebagian besar aplikasi Android dibangun dengan Java, namun saat ini terdapat bahasa pemrograman terbaik lainnya yang dapat gunakan untuk membangun aplikasi mobile.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahasa pemrograman, pengguna dapat  memilih bahasa mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin membuat sebuah aplikasi mobile, wajib mengetahui sebuah bahasa pemrograman untuk membuatnya. Ada banyak pilihan bahasa yang dapat gunakan untuk membuat sebuah aplikasi mobile.

Berikut adalah 3 Bahasa pemrograman terbaik   untuk pengembangan aplikasi mobil.

Baca Juga : Adobe Mulai Mengembangkan AI

Java

java
java

Java adalah bahasa pemrograman paling populer dan paling diminati untuk mengembangkan Mobile application. Karena Java merupakan bahasa resmi untuk pengembangan Android app serta didukung oleh Google.

Java seringkali digunakan untuk pengembangan aplikasi web dan enterprise. Hingga akhirnya, Java telah menguasai dunia pengembangan aplikasi mobile setelah Google merilis Android sebagai open source pada tahun 2008 lalu.

Bahasa Pemrograman ini adalah bahasa resmi Android serta banyak juga digunakan untuk pengembangan aplikasin os tersebut. Namun, Java juga dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi lintas platform. User dapat menulis aplikasi di Java dan mengkompilasi aplikasi untuk berjalan di iOS (iPhone, iPad) dan platform seluler lainnya.

Java juga kebetulan adalah bahasa yang lebih mudah dipelajari, memiliki dukungan komunitas yang hebat, memiliki banyak library open source, serta didukung oleh framework dan dokumentasi yang bagus.

Sampai saat ini Java telah banyak digunakan untuk berbagai pengembangan aplikasi. Sayangnya bahasa ini sedikit rumit sehingga kurang sesuai bagi pemula. Bahasa ini menggunakan banyak kode untuk membangun hal-hal yang sederhana.

Javascript

javascript
javascript

Bahasa pemrograman yang populer dikalangan web developer ini juga menjadi salah satu bahasa yang bisa kita gunaka untuk membuat aplikasi mobile. 

Aplikasi hybrid menggunakan framework JavaScript dan markup HTML5 adalah karena menjadikannya sebagai pilihan termudah untuk para pengembang web masa lalu untuk memasuki dunia pengembangan aplikasi seluler saat ini.

Framework UI JavaScript berbasis HTML5 seperti Ionic memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi seluler hybrid dengan tampilan dan nuansa native dengan menggunakan CSS, JavaScript, dan HTML versi dulu.

Dengan menggunakan salah satu framework ini akan memperbolehkan kita mempublikasi aplikasi yang berjalan di iOS dan Android dari satu sumber.

Bahasa ini tentunya memiliki kelemahan yaitu jika diperlukan untuk membangun aplikasi seluler yang sama secara terpisah untuk iOS, Android, Windows, dan platform lainnya.

Kotlin

kotlin
kotlin

Kotlin diciptakan oleh JetBrains yaitu perusahaan yang terkenal membuat IDE seperti : Android Studio, RubyMine, PhpStrome, dll. Setelah melalui banyak perkembangan, JetBrains kemudian merilis Kotlin secara open source dan kini setelah semakin maju.

Google pun mendukung secara penuh Kotlin untuk pengembangan aplikasi pada mobile. Bahkan Android Studio yang dipakai setiap programmer Android professional merupakan IDE yang dikembangkan di atas IDEA.

Kotlin dirancang untuk membangun aplikasi modern dan menyediakan fungsionalitas yang dibutuhkan pengembang aplikasi modern. Bahasa ini dapat menjadi bahasa pemrograman yang sesuai untuk mengembangkan aplikasi android untuk pertama kalinya.

Sederhananya, Kotlin adalah bahasa pemrograman yang merupakan sebuah “penyempurnaan” dari bahasa pemrograman Java untuk pengembangan aplikasi android dengan tujuan mengatasi segala kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh Java.

Selain itu, terdapat salah satu fitur paling penting dari bahasa Kotlin yaitu bahasa ini dapat dipakai bersamaan dengan Java dalam satu aplikasi yang sama.

Ada juga informasi tentang MICROSOFT ada yang baru nih, BOSQUE !!!, Bagaimana menurut kalian tentang bahasa pemrograman yang satu ini? keren? kalian bisa memberikan komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *