Inilah 5 Fitur Keren Terbaru dari Bluetooth 5.0

Bluetooth 5

Bluetooth kini bukan hanya berguna sebagai media penghubung antar perangkat satu ke perangkat lainnya. Awalnya fungsi bluetooth hanya untuk mempermudah berbagi atau sharing file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Bluetooth juga digunakan untuk komunikasi antara berbagai perangkat smart home dan perangkat Internet of Things (IoT).

Sebuah lembaga di balik teknologi tersebut, bernama Special Interest Group (SIG), sudah merilis teknologi terbarunya sekitar akhir 2016 hingga awal 2017. Bluetooth versi 5.0 ini dikatakan akan membawa peningkatan di bidang jangkauan yang lebih jauh, kecepatan transfer data, dan kemampuan membawa ukuran data yang lebih besar.

Mungkin sebagian besar pengguna smartphone tidak menyadari pentingnya versi Bluetooth terbaru dan hanya melihatnya sebagai fitur pelengkap saja. Namun, pada versi 5.0 menjanjikan banyak hal dengan segala kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Bluetooth 5.0 iot
Bluetooth 5.0 iot

Untuk versi terbaru ini banyak peningkatan, akan tetapi hanya bisa digunakan dengan peripheral  yang kompatibel. Dengan kata lain, tidak akan ada untungnya membeli perangkat ponsel dengan versi 5.0 jika perangkat masih menggunakan versi 4.2.

Pada versi 5.0 ini, Bluetooth menambahkan beberapa fungsi yang bisa digunakan pada fitur ini seperti berikut ini.

Chatting

Bluetooth menyediakan fitur pesan pada teknologinya. Tapi, untuk menikmati fasilitas ini pengguna harus terlebih dahulu mendownload aplikasi chatting khusus yang menggunakan koneksi bluetooth.

Salah satu aplikasi tersebut bernama Bluetooth Chat. Dengan aplikasi ini pengguna bisa memanfaatkan koneksi bluetooth di ponsel Android untuk berkirim pesan atau bahkan gambar, geng.

Tapi, jika teman yang dikirimi pesan tidak memiliki aplikasi tersebut, kamu bisa juga mengirimkan file .apk aplikasi ini.

Membuka atau Mengunci HP

Fitur ini bernama Smart Lock, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan ponsel untuk tetap terbuka kuncinya dalam beberapa situasi tertentu, seperti misalnya saat ponsel ditaruh di dalam saku atau saat terhubung dengan perangkat terpercaya.

Kemudian, setelah ponsel berada di luar jangkauan situasi, maka nanti ponsel tersebut akan mengunci secara otomatis.

Untuk menggunakan fitur Smart Lock ini caranya sangat mudah. Di settings, lalu masuk ke menu Security and location > Smart Lock > Trusted Device.

Applet Bluetooth IFTTT

IFTTT merupakan sebuah akronim dari IF This Then That yang memungkinkan untuk mengotomatiskan serangkaian tindakan yang seharusnya dilakukan secara manual.

Sederhananya, applet IFTTT ini adalah pola rangkaian tindakan yang bisa kamu ciptakan sendiri sehingga nantinya perintah akan tereksekusi secara otomatis.Namun untuk memanfaatkan fitur bermanfaat ini, diharuskan mendownload terlebih dahulu aplikasi pihak ketika bernama IFTTT di ponsel.

Bermain Game Multiplayer

Fitur yang disediakan selanjunya yaitu pengguna dapat bermain game multiplayer dengn menggunakan Bluetooth. Namun sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan pada game-game tertentu saja yang memang menyediakan mode multiplayer bluetooth.

Sehingga tidak bisa memanfaatkan fitur ini di semua game yang ada di Play Store. Meskipun begitu, banyak juga game multiplayer bluetooth yang tersedia di internet. Salah satunya adalah game Dual.

Membuka Perangkat Windows, Mac, atau Chrome

Teknologi ini juga menyediakan fitur membuka perangkat Windows, Mac, atau Chrome hanya dengan menggunakan fitur tersebut.

Cara menggunakannya di perangkat dengan OS Windows, buka Settings > Accounts > Sign-in options > Dynamic Lock. Lalu, centang checklist box ‘Allow Windows to automatically lock your device when you’re away’.

Cara menggunakannya untuk perangkat Chromebook, dengan mengaktifkan fitur Smart Lock dengan ke menu settings > Connected Devices. Kemudian, atur perangkat Android kamu sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Sayangnya, perangkat Mac tidak memiliki fitur keamanan khusus Android seperti Smart Lock, sehingga pengguna perlu menginstall aplikasi pihak ketiga yang bernama DroidID di smartphone Android.

Walaupun teknologi ini termasuk teknologi lama, tapi seiring dengan perkembangan jaman teknologi bluetooth juga telah berkembang menjadi lebih aman dan cepat.

Bluetooth 5.0
Bluetooth 5.0

Bluetooth 5.0 bisa kita manfaatkan dengan perangkat ponsel terbaru. Namun, untuk saat ini belum banyak periferal yang mendukung teknologi tersebut. 

Tapi, ada juga audio yang sudah tersedia teknologi versi 5.0 tersebut sehingga pengguna yang ingin merasakan versi 5.0 bisa merasakan manfaat versi terbaru itu.

Selain juga, kami ingin memberitahu bahwa Go-Pay Kini Tersedia Untuk Pembayaran Di PlayStore. Untuk ulasan, kami menyediakan kolom komentar untuk yang bersedia memberikan ulasannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *