Framework CSS terbaik akan sangat membantu Anda dalam membangun sebuah website. Framework CSS adalah pustaka CSS yang dimana sudah dibuat dan siap untuk digunakan, yang dimana proses design website nantinya hanya tinggal menggunakan class yang sudah disediakan. Pada umumnya CSS akan selalu dikaitkan dengan kinerja HTML pada sebuah website. Fungsi yang ada memang akan saling berkaitan, dengan HTML membuat struktur atau isi yang terdapat pada halaman web.

Untuk CSS berguna dalam membuat tampilan halaman website tersebut. CSS juga membantu dalam mengubah desain dari text, warna, gambar, dan latar belakang dari seluruh kode tag HTML. Biasanya, paket yang disediakan dalam front-end framework terdiri dari file HTML, CSS, dan JavaScript untuk memastikan berbagai halaman di seluruh aplikasi memiliki desain, tipografi, formulir yang seragam, dll.

Berikut ini adalah macam-macam Framework CSS terbaik untuk para web designer :

Bootstrap

bootstrap framework css terbaik
bootstrap – framework css terbaik

Framework CSS Bootstrap selalu menjadi framework CSS terbesar di dunia. Selain menyediakan komponen, framework css bootstrap juga menyediakan utilitas yang bisa mempermudah hidup para web designer. Bahkan, hingga saat ini Bootstrap merupakan salah satu front-end framework yang paling banyak digunakan di dunia. Untuk mendapatkannya kalian bisa download bootstrap di website resminya getbootstrap.com

Baca juga : Penjelasan Phising Lengkap Dan Cara Mencegahnya.

Dibuat oleh pengembang Twitter dan awalnya dirilis pada tahun 2011. Seperti halnya front-end framework yang efektif, Bootstrap menyertakan komponen CSS, HTML dan JavaScript. Framework selalu memenuhi kebutuhan standar desain web yang responsif, sehingga memberikan kemudahan mengembangkan situs responsif dari semua kompleksitas dan ukuran.

Bulma

bulma framework CSS terbaik
bulma – framework CSS terbaik

Framework CSS Bulma merupakan salah satu framework CSS murni tanpa menggunakan JavaScript, Anda hanya perlu memasukkan satu file .css tanpa perlu memasukkan file .js. Bulma berbasis framework yang sudah modern dengan tata letaknya berbasis Flexbox sehingga membuat tampilannya menjadi sangat responsif, dimana cukup memberikan kenyamanan pada penggunanya. Untuk mendapatkannya kalian bisa download bulma di website resminya bulma.io

framework css bulma sudah digunakan oleh lebih dari 200.000 pengembang . Pada dasarnya framework ini mirip seperti Bootstrap, hanya saja Bulma tidak memiliki ketergantungan pada library Javascript apapun, sehingga kamu bebas menggunakan library Javascript yang kamu inginkan.

Foundation

foundation framework CSS terbaik
foundation – framework CSS terbaik

Framework CSS Foundation merupakan framework CSS yang menyatakan dirinya sebagai pilihan yang lebih profesional. Foundation dapat digunakan untuk membuat email HTML yang keren. Framework ini merupakan front-end responsif yang membuatnya mudah untuk merancang situs web, aplikasi, dan email responsif yang cantik yang terlihat luar biasa di perangkat apa pun. Untuk mendapatkannya kalian bisa download foundation di website resminya get.foundation

Foundation ini bersifat semantik, mudah dibaca, fleksibel, dan sepenuhnya dapat disesuaikan. Bahkan, Foundation mengklaim akan terus menambahkan sumber daya dan cuplikan kode baru, termasuk template HTML praktis.

Semantic UI

smantic ui framework CSS terbaik
smantic ui – framework CSS terbaik

Framework CSS Semantic UI merupakan sebuah framework CSS yang penamaannya lebih berfokus pada bahasa manusia, nama class nya dibuat mirip dengan cara seseorang berbicara, sehingga lebih mudah dipahami bagi para web designer baru. Framework ini bisa dibilang hanya sebagai alternatif untuk mendesain situs dari framework lainnya seperti Bootstrap. Untuk mendapatkannya kalian bisa download semantic ui di website resminya semantic-ui.com

Menurut beberapa banyak pengembang, Framework SemanticUI ini memiliki nilai lebih daripada Greader yang menjadikan komponen yang dimilikinya lebih lengkap. Dengan begitu, tentunya akan membuat para pengembang website pada bidang khususnya front-end sebuah situs menjadi lebih mudah.

Tailwind CSS

Framework CSS Tailwind CSS adalah salah satu framework CSS yang berbeda dari yang lainnya karena lebih berfokus pada utilitas dibandingkan komponen UI yang lengkap, konsep ini memberikan Anda kebebasan untuk membangun design sesuai apa yang Anda inginkan dengan menggunakan utilitas untuk mempermudah hidup anda. Untuk mendapatkannya kalian bisa download tailwind css di website resminya tailwindcss.com

Baca juga : Processor Snapdragon 865 VS Apple A13.

TailwindCSS dirilis pertama kali pada tahun 2017, tepatnya tanggal 2 November. Oleh Adam Wathan. Setiap utilitas Tailwind juga hadir dengan varian responsif, membuatnya sangat mudah untuk membangun antarmuka responsif tanpa harus menggunakan Custom CSS.

Tailwind CSS juga sangat customizable. Dimana Anda dapat mengubah warna bawaan, menambah breakpoint screen size, menambah font family dan menambah utility class yang lainnya.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenaik Framework CSS terbaik yang semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembacanya. Jangan lupa berikan ulasan berupa kritik atau saran pada kolom komentar dibawah ini, terimakasih.

Author

Write A Comment