Revolusi Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik, yang menghasilkan “pabrik cerdas”. Revolusi industri 4.0 merupakan sebuah fenomena yang mengkolaborasikan antara teknologi cyber dan teknologi otomatisasi. Penerapannya pun berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa harus memerlukan tenaga manusia dalam proses pengaplikasiannya.

Konsep industri 4.0 ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas fabrikasi dengan mengurangi waktu proses produksi, pemasaran, pendistribusian sehingga meningkatkan efisiensi serta menekan biaya secara keseluruhan. Terdapat 9 Teknologi Yang Menjadi Pilar Utama Revolusi Industri 4.0 untuk mengembangkan sebuah industri biasa menuju industri yang siap digital, yaitu:

revolusi industri 4.0
revolusi industri 4.0

IOT

IOT merupakan singkatan dari Internet Of Things yang merupakan sebuah konsep suatu objek yang memiliki sebuah kemampuan dalam mentransfer data melalui jaringan tanpa adanya interaksi manusia. Kemampuan IOT seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Salah satu contoh dari teknologi ini ialah mampu mematikan lampu di pagi hari dan lain sebagainya.

Additive Manufacturing

Additive manufacturing sebuah merupakan terobosan baru dalam bidang industri manufaktur dengan memanfaatkan mesin pencetak 3D atau sering dikenal dengan istilah 3D printing. Teknologi Additive Manufacturing diklaim mampu memproduksi lebih banyak desain dan memproduksi barang yang tidak bisa dibuat dengan teknologi manufaktur tradisional.

Pada metode pembuatan aditif ini akan digunakan secara luas untuk menghasilkan sejumlah kecil produk yang disesuaikan yang menawarkan keuntungan konstruksi, seperti desain yang kompleks dan ringan. Di era modern ini, gambar desain digital yang dibuat dapat diwujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan wujud yang mirip sesuai dengan desain sesungguhnya atau bersama skala tertentu.

Big Data

Big Data merupakan istilah yang menggambarkan volume data yang besar, baik data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data telah banyak digunakan dalam banyak bisnis dan dapat membantu menentukan arah bisnis.

Teknologi AR

AR merupakan singkatan dari Augmented Reality, merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam sebuah lingkungannyata tiga dimensi lalu memproyeksikannya benda-benda maya tersebut kedalam waktu nyata.

Pada permainan Minecraft Earth Game AR Buatan Microsoft, sebagai salah satu contoh penerapan Augmented Reality yang sudah mulai dijalankan.

Simulation

Simulation digunakan lebih luas lagi dalam operasi pabrik untuk meningkatkan data waktu nyata dan mencerminkan dunia fisik dalam model virtual, yang dapat mencakup mesin, produk, dan manusia. Simulation juga sangat berguna dalam banyak proses, contohnya dalam optimalisasi kinerja, teknik keselamatan, pengujian, pelatihan, pendidikan.

Autonomous Robot

Robot otonom adalah sebuah robot yang menampilkan perilaku atau tugas dengan tingkat otonom yang tinggi, terutama dalam bidang-bidang seperti penerbangan angkasa, tugas rumah tangga (seperti bersih-bersih), pengolahan air buangan dan mengiriman barang dan jasa. Pembiayaan untuk robot terbilang lebih murah dan memiliki jangkauan kemampuan yang lebih besar daripada yang digunakan dalam industri manufaktur pada saat ini.

Cyber Security

Cyber Security merupakan sebuah upaya untuk melindungi informasi dari adana cyberattack. Cyber attack dalam operasi informasi adalah semua jens tindakan yang sengaja dilakukan oleh seorang ahli guna mengganggu kerahasiaan (confidentialy), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Cloud Computing

Coud Computing atau komputasi awan adalah sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, yang dimana pengguna komputer diberikan hak akses (login) mengakses server virtual agar dapat konfigurasi server melalui internet. Semakin banyak usaha yang terkait dengan produksi maka akan memerlukan peningkatan dalam berbagi data di seluruh lokasi dan batas perusahaan.

System Integration

System Integration merupakan urutan yang menghubungkan sebagian sistem bagi secara fisik maupun fungsional. Dengan Revolusi Industri 4.0 ini membuat perusahaan, departemen, fungsi, dan kemampuan akan menjadi lebih kohesif, seiring lintas-perusahaan, jaringan integrasi data universal berkembang dan memungkinkan rantai nilai yang benar-benar otomatis.

Berikut adalah penjelasan mengenai 9 Teknologi pada Revolusi Industri 4.0 yan sudah dibahas ini emoga bermanfaat dan berguna bagi pembacanya. Berikan kritik dan saran pada kolom komentar dibawah ini.

Author

Write A Comment