Apple Card, Kartu Kredit Buatan Apple

card Apple

Kartu Kredit buatan Apple akan segera dirilis, dan pertama kali diumumkan di ajang WWDC 2019 pada bula Maret lalu. Tapi, belum menyebutkan kapan Apple Card dirilis.

Para pengguna iPhone nantinya akan bisa mendaftar untuk Apple Card via aplikasi , yang kesemuanya itu harus sudah menggunakan OS iOS 12.4. Nantinya kartu kredit Tersebut akan hadir dalam format fisik maupun digital.

“Kita memang membutuhkan kartu kredit, tapi ada banyak hal tentang pengalaman penggunaan kartu kredit yang masih bisa diperbaiki,” kata CEO Apple, Tim Cook ketika memperkenalkan Apple Card .

Layanan ini dibekali machine learning dan Apple Maps untuk memberi label transaksi dengan jelas, baik nama toko dan lokasinya. Pembelian secara otomatis dijumlahkan dan diorganisir berdasarkan kategori kode warna, seperti makanan, minuman, belanja dan hiburan.

Jennifer Bailey, wakil president Apple Pay
Jennifer Bailey, wakil president Apple Pay

“Apple Card ini didesain untuk membantu pengguna agar memiliki kehidupan finansial yang lebih sehat . Kami juga bersifat transparan dan membantu mereka memahami harga yang perlu dibayarkan bila mereka akan mencicil, serta bantuan dalam membayar saldo,” kata Jennifer Bailey, wakil president untuk Apple Pay, dilansir dari rilis blog resminya.

Nantinya, kartu yang terhubung dengan aplikasi ponsel ini akan dapat langsung digunakan ketika pengguna mendaftarkan akun untuk memilik kartu kredit yang dapat ditemukan di aplikasi Apple Pay. 

Baca Juga : Toko Online Bisa Dibuat dengan 3 Aplikasi

Pada kartu kredit yang dikeluarkan oleh kartu kredit ini tidak memiliki angka-angka seperti kartu kredit pada umumnya. Semua angka-angka itu tersimpan dalam aplikasi virtual yang dimiliki oleh Apple.

Model kartu kredit yang ditawarkan atau dibuat oleh Perusahaan ini berbeda dengan kartu kredit yang dirilis oleh perbankan pada umumnya. Bedanya, kartu kredit ini tidak menyertakan nomor CCV, tanggal kadaluarsa dan tanda tangan pengguna.

Pengguna akan mendapatkan hadiah cashback setiap hari. Pengguna akan mendapatkan cashback dua persen jika menggunakan kartu virtual dan satu persen jika menggunakan kartu fisik. Cashback ini akan dapat langsung digunakan, maupun dikirim ke teman atau keluarga melalui layanan Message.

Baca Juga : Pengertian UI dan UX

Kartu kredit tersebut menggunakan algoritma pembelajaran mesin, serta posisi di Apple Map, untuk merinci nama toko, lokasi, serta transaksi. Setiap pembelian secara otomatis dikategorikan melalui kode warna, untuk membantu pengguna memahami total pengeluaran mingguan, ataupun bulanan.

Dengan begitu, Apple menawarkan transparansi yang lebih baik karna semua transaksi bisa langsung diawasi dari aplikasi tersebut.

layanan kartu kredit Apple
layanan kartu kredit Apple

Serta, menjanjikan tidak ada biaya-biaya tambahan seperti biasa diterapkan pada kartu kredit. Juga menghadirkan berbagai pilihan pembayaran, dan menghitung bunga berdasarkan pilihan yang ditentukan pengguna. 

Kartu kredit Apple juga menawarkan pembayaran lebih setiap bulan, serta fleksibilitas untuk menjadwalkan pembayaran rutin. Tujuan Apple Card adalah menyediakan bunga yang paling rendah dari merek lain, serta tidak mendenda setiap pengguna yang terlambat membayar kredit.

Untuk keamanan privasi, seluruh nomor kartu disimpan melalui perangkat Iphone. Apple juga tidak akan mengetahui apa yang pengguna beli menggunakan kartu kredit ini.

Untuk mendapatkan kartu kredit dari Apple, pengguna dapat mendaftar langsung dari iPhone melalui aplikasi Wallet. Nantinya pengguna akan diberikan langsung kartu digital untuk melakukan pembayaran di manapun yang mendukung Apple Pay.

Apple bekerja sama dengan Goldman Sachs, dan Mastercard untuk mewujudkan program ini. Melalui kerjasama dengan Mastercard, memberikan Apple Card kemampuan untuk melakukan transaksi di seluruh merchant yang ada di dunia. 

Kartu kredit ini diharapkan akan populer dikalangan konsumen loyal dari produk-produk Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *