Berbagai cara untuk mengatasi laptop atau komputer kalian yang mengalami layar blue screen ini akan membantu dalam menyelasaikan permasalahan pada layar laptop atau komputer sehingga dapat digunakan kembali seperti semula.

Blue screen atau bernama Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi dimana Windows hanya memunculkan warna biru pada layar monitor. Masalah ini cukup sering terjadi pada setiap komputer maupun laptop terutama pada pengguna Windows.

BOSD biasanya terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart, seperti masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows Anda.

Ketika masalah ini terjadi, Windows akan secara otomatis membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk. Tentunya hal ini sangat mengganggu bagi pada pengguna Windows.

Karena apabila Anda sedang melakukan suatu pekerjaan di laptop atau komputer Anda kemudian layar blue screen secara tiba-tiba, yang parahnya lagi file tersebut belum sempat disimpan karena laptop secara mendadak merestart sendiri, tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan, bukan ?

Baca Juga : Merawat Laptop Agar Tidak Rusak Berikut Tipsnya

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memeritahu Anda, terutama pengguna yang sedang mengalami layar blue screen untuk dapat menyelesaikan permasalah tersebut agar dapat digunakan kembali, berikut ini adalah beberapa cara-caranya.

blue screen
tampilan blue screen

System Restore

Apabila layar tiba-tiba mengalami masalah BOSD, pada tahap awal coba lakukan cara ini dengan menggunakan sistem restore dan berikut langkah-langkahnya :

  • Matikan laptop/komputer dengan menekan terus tombol button sampai komputer dalam keadaan mati.
  • Kemudian, nyalakan kembali laptop/komputer Anda.
  • Ketika sedang melakukan proses booting tekan tombol F8 yang akan masuk ke menu booting.
  • kemudian pilih menu safe mode, dan tunggu hingga proses selesai.
  • Lalu, masuk ke sistem operasi safe mode.

Cara masuk ke Operasi System Safe Mode, yaitu :

klik tombol Start Windows >> Contol Panel >> System Scurity >> Action Center >> Recovery >> Open System Restore >> Next >> Next >> Finish >> Yes.

Repair Sistem Operasi Windows

Anda dapat melakukan cara mengatasinya dengan menggunakan metode Repair System Operasi Windows. Agar cara ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death pada komputer/laptop yang biasanya terjadi karena ada file windows yang corrupt.

Cara ini memerlukan DVD operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada windows.

Instal Update Driver

Cara ini hampir sama dengan melakukan repair, bedanya untuk install update driver ini dikarenakan karena adanya crash karena update yang tidak cocok atau ada update yang belum selesai. Untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan download driver terbaru dari perangkat.

Instal Ulang Windows

Cara ini adalah cara untuk membuat ulang Windows yang ada pada laptop / komputer atau bisa disebut memulihkan kembali seperti awal/baru sehingga tidak akan lagi mengalami kerusakan seperti Blue Screen of Death, tapi kerugian dalam menggunakan cara ini terkadang orang lain sering lupa untuk membackup data yang dia punya sehingga mereka hanya menginstal ulang, untuk menghindarinya kalian juga bisa memilih dengan baik pada saat instal ulang dengan cara memilih penyimpanan tertentu saja yang dihilangkan.

Scan Malware

Malware ini akan menyebabkan Windows mengalami ketidak stabilan dari sistem, bahkan dapat menyerang sistem paling dalam dari Windows ataupun bagian yang palin awal pada Windows. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat men scan Malware dengan menggunakan Antivirus.

Baca Juga : Flashdisk Tidak Terbaca ? Berikut Cara Mengatasinya

Periksa Hardware

blue screen of death
Blue Screen of Death

Langkah awal dalam mengecek hardware dapat mengecaknya pada bagian Hardisk terlebih dahulu, jika Hardisk yang gunakan pada komputer/laptop mengalami sebuah kerusakan, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya masalah blue screen pada perangkat Anda.

Dan cek pada RAM yang terdapat pada perangkat Anda. Untuk mengecek Hardisk dan RAM. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer Anda terlalu panas dan kekurangan fan.

Semoga pada pembahasan kali ini dapat menyelesaikan permasalahnya yang sedang terdadi pada peranagkat Anda sehingga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi khalayak dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Author

Write A Comment