10 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop

laptop lemot

Laptop atau Komputer adalah suatu barang elektronik yang sangat diperlukan bahkan sangat penting dalam Pekerjaan, Pendidikan dan lainnya, tetapi bagaimana perasaan ketika ingin menggunakannya terasa lambat sehingga membuat pekerjaan atau pembelajaran menjadi terlambat.

Ternyata banyak faktor yang membuat laptop menjadi lemot seperti disebabkan oleh banyaknya virus, spek rendah pada laptop, kapasitas Harddisk penuh, kapasitas RAM yang tidak mencukupi, dan berbagai masalah lainnya.

Berikut ini ada tips untuk menangani laptop yang lemot, dengan kata lain tips meningkatkan kinerja komputer atau laptop.

1. Memisahkan File

Memisahkan file system dan data pribadi caranya dengan membuat partisi khusus. Biasanya pada waktu menginstal windows atau instal ulang windows terdapat pilihan untuk membuat partisi khusus, kemudian disitulah memisahkan partisinya, misal C: untuk file system/windows 100GB, D: data pribadi, dan E:file aplikasi favorit. Dengan dibuatkannya partisi khusus drive C: akan memuat file system yang tidak akan mengalami fragmentasi secara cepat sehingga mampu meminimalisir laptop lemot.

laptop lambat
Mempercepat kinerja Laptop

2. Hapus File di Recycle Bin

Banyaknya sampah pada Recycle Bin bisa menjadi penyebab kinerja laptop lambat. Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang sudah tidak digunakan, hapus file tersebut. Untuk cara menghapusnya, seperti:

  • klik kanan pada icon Recycle Bin 
  • lalu, Empty Recycle Bin.

Selain langsung dari Recycle Bin ada juga cara alternatif untuk menghapus file sementara yang terdapat pada browser dengan menggunakan aplikasi CCleaner.

3. Nonaktifkan Program di Startup

Mungkin performa laptop yang akhir-akhir ini menjadi lambat atau lemot karena banyaknya program yang berjalan di ‘Startup‘. Maka dari itu, nonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup agar dapat mempercepat performa sistem dan meningkatkan respon secara keseluruhan. Caranya:

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc, membuka Task Manager.
  • Klik tab Startup dan terdapat daftar aplikasi yang sedang berjalan secara otomatis.
  • Silahkan pilih aplikasi yang ingin nonaktifkan, jika sudah dipilih lalu, klik kanan dan pilih Disable pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan.

Baca Juga : Google Translate menyediakan penerjemah lewat kamera.

4. RESET Browser

Aplikasi browser pada laptop kadang menyimpan banyak penunggang seperti add-ons / extensions / toolbars hingga hasil pencarian yang menyebabkan laptop bekerja lebih berat saat browser sedang digunakan.

5. Mematikan service yang tidak terpakai

Hal ini memerlukan sedikit pengetahuan tentang komputer. Services merupakan program/library yang dijalankan (di load) pada setiap komputer hidup. Caranya :

  • Buka Control Panel
  • Administrative Tools
  • Services.

Jika komputer tidak pernah digunakan online (internet), ada beberapa service yang bisa di non aktifkan. Misalnya Windows Time dan beberapa service lainnya. Tapi juga perlu berhati-hati, jika salah bisa menyebabkan beberapa fungsi windows tidak berjalan.

6. Nonaktifkan Efek dan Animasi

Karena efek visual dan animasi yang meningkatkan beban pada sumber daya sistem itulah yang mungkin menjadi salah satu penyebab laptop berjalan dengan lambat. Pada komputer baru, efek visual dan animasi memang tidak menimbulkan dampak besar terkait performa. Namun, di komputer lama menonaktifkan pilihan itu wajib hukumnya. caranya:

  • Buka Start menu, klik kanan dan pilih System.
  • klik ‘Advanced system settings’.
  • Pada tab ‘Advanced’ pilih ‘Perfromance Settings’.
  • Di tab ‘Visual Effects’, pilih ‘Adjust fot best performance’ atau ‘Custom’ untuk memilih secara manual.
laptop lemot atau lambat
Laptop Lemot atau Lambat

7. Uninstall Software Bloatware

Bloatware adalah Software bawaan Windows yang tidak diinginkan juga cukup punya andil besar dalam memperlambat performa laptop kamu. Mereka mengambil ruang memori dan menghalangi aplikasi lain. Maka dari itu, lebih baik hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan. Caranya:

  • Di Start menu, klik kanan dan pilih Control Panel.
  • Pilih Programs, kemudian Programs and Features.

Pilih Uninstall/Change untuk menghapus bloatware yang tidak kamu butuhkan.

8. Upgrade Hardware

Jika memiliki cukup dana dan spek laptop yang sekiranya belum cukup mumpuni silahkan Memory, CPU atau VGA agar spesifikasi laptop menjagi mumpuni dan stabil. Yang paling berpengaruh biasanya Memory dan CPU.

9. Update Sistem Operasi

Microsoft selalu melakukan update untuk OS Windows mereka secara berkala, namun tidak sedikit pengguna yang mengabaikan hal ini. Bisa jadi itu karena OS yang mereka gunakan tidak asli sehingga fitur Windows Update dimatikan atau mungkin karena file yang diunduhnya mempunyai kapasitan file sangat besar membuat semua orang malas untuk memperbaharui Windowsnya.

Namun, Windows Update ini sangat penting karena mereka datang dengan patch-patch keamanan dan kinerja yang penting untuk laptop. Microsoft memberikan update pada OS nya mempunyai tujuan untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan para penggunanya.

10. Hapus Extension atau Add-ons

Ekstensi atau add-ons pada browser akan bekerja pada setiap tab yang kamu buka, dan semakin banyak kamu membuka tab maka akan menggunakan sumber daya sistem yang cukup besar. Kebanyakan ketika menginstall ekstensi pada browser akan menurunkan performa laptop penggunanya. Jadi, hapus semua ekstensi atau add-ons yang tidak terpakai di browser yang kamu gunakan sekarang.

laptop menjadi cepat
Laptop Menjadi Cepat

Dengan melakukan cara-cara diatas, komputer kalian akan menjadi lebih cepat dari biasanya dan seperti baru lagi. salah satu cara tambahan agar bisa mempercepat kinerja prosesnya anda juga bisa menghilangkan Chromonium dari komputer atau laptop anda.

Semoga cara tadi bisa membantu pembaca dalam mengatasi komputer atau laptopnya. Sampaikan pengalaman kalian dengan comment, dengan senang hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *