DJI Agras Drone Khusus Para Petani

DJI Agras pada pertanian

Sebuah inovasi menarik dan sangat fungsional yang pertama kali diwujudkan dalam seri Agras MG-1 pada beberapa tahun lalu.

Salah satu inovasi DJI kini pada dunia pertanian dengan meluncurkan drone yang dirancang untuk membantu petani dalam proses penyemprotan (spraying) Pupuk Pestisida, Herbisa, Fungisda, Insektisida cair, dan cairan lainya dengan efisien dan tingkat presisi tinggi.

Drone DJI selalu menghadirkan sesuatu yang baru di dunia aircraft dunia. Kini DJI semakin memperkuat bukti tersebut dengan merambah ke bidang pertanian lewat DJI Agras MG-1.

DJI Agras MG-1 adalah drone dengan 8 baling-baling berbahan karbon, material carbon juga dipakai pada seluruh bagian rangka, lengan, dan kaki pendaratan, di bagian tengah terdapat cover dengan plastik berkualitas berwarna putih untuk menutupi komponen elektronik.

DJI Agras
DJI Agras

Diameter diagonal 152 cm, dengan dimensi  147 cm, Tinggi  : 48 cm Lengan Terbuka, Tanpa Baling.mPada Saat penyimpanan drone ini dapat dilipat dengan dimensi 78cm x 78cm tinggi 48cm.

MG-1 mempunyai perbedaan dari drone biasa. MG-1 tak bisa disebut quadcopter karena mengusung 8 rotor. Drone ini pun tidak dilengkapi oleh kamera tetapi berganti menjadi alat penyemprot pupuk cair, lengkap dengan tangki berkapasitas 10 liter.

Perubahan yang dibawa oleh seri drone terbaru ini pun lebih fungsional dari pada sebelumnya. Menjadikan Agras MG-1S salah satu solusi untuk masalah pengairan yang dialami oleh petani.

Baca Juga : 6 Teknologi Dahulu yang Keren

Perusahaan pertanian besar pun mulai melirik untuk menggunakan Agras MG-1S sebagai solusi pengairan sawah serta ladang untuk skala sedang hingga besar.

Sistem propulsion yang kuat memungkinkan Drone untuk membawa muatan 10 kg, seperti pestisida dan pupuk. Kombinasi kecepatan dan kekuatan berarti bahwa area seluas 4.000-6.000 m² dapat tercakup hanya dalam 10 menit, atau 40 hingga 60 kali lebih cepat daripada metode penyemprotan manual.

Terdapat 2 kompas untuk A3 Flight Controller. Jadi bila misalnya terdapat masalah pada satu kompas di drone DJI ini, secara otomatis sistem akan menggunakan kompas kedua.

Sistem semprot cerdas ini akan secara otomatis menyesuaikan semprotan sesuai dengan kecepatan penerbangan. Sehingga semprotan selalu didistribusikan secara merata, dan dengan cara ini, jumlah pestisida atau pupuk diatur dengan benar untuk menghindari kontaminasi dan menghemat biaya operasi.

alat penyemprot pada Dji Agras
alat penyemprot pada Dji Agras

DJI Agras MG-1 menyertakan Nozzle kepala penyemprot sebanyak 4 buah dengan posisi 2 dikanan daan 2 di kiri. Semprotan dari Nozzle ini berbentuk kipas dengan kecepatan semprot setiap nozzle  430ml/menit.  Total lebar Penyemprotan dari Agras MG-1 rata-rata  4 -5 meter deri ketinggian 1,5 meter hingga 3 meter dari atas permukaan tanaman.

Ukuran droplet dari nozzle berseri XR11001 sebesar 130 -250 µm ukuran droplet ini dapat berubah tergantung lingkungan lahan dan kecepatan semprot yang dipilih. Nozzle ini dapat digunakan hingga ribuan jam tanpa degradasi material nozzle.

Menurut klaim DJI, kinerja drone anti-air dan anti-korosi ini sangatlah efisien. MG-1 punya kecepatan maksimum 8 meter per jam. Selagi mengudara, komponen radar microwave akan memindai apa saja yang berada di bawah drone.

Drone DJI Agras MG-1S ini pun disinkronisasi dengan program terbaru MG Intelligent Operation Planning System dan DJI Agriculture Management Platform. Kedua program ini membuat pilot atau operator dapat merencanakan rute, metode, hingga besarnya level penyiraman dari Efficient Mode dan Intensive Spraying Mode.

Baca juga : 18 Proyek Terbaik dari Raspberry Pi

MG-1 tak cuma menarik berkat penggunaan 8 rotor. Ia turut mengemas sistem pendingin yang cerdas, memanfaatkan udara dari luar yang masuk lewat ventilasi di bagian depan bodinya, lalu disalurkan ke masing-masing rotor supaya tidak cepat panas.

DJI turut membekalinya dengan kemampuan mengingat lokasi terakhir penyemprotan. Jadi sebelum baterainya akan habis, ia akan kembali secara otomatis untuk di-charge. Setelah terisi penuh, drone ini akan terbang kembali menuju titik terakhir penyemprotan dilakukan dan melanjutkan tugasnya.

DJI berencana memasarkannya terlebih dulu di Tiongkok dan Korea, baru setelah itu menyusul ke kawasan lain. Drone pintar ini dibanderol dengan harga mulai dari $5,700-7500 per unitnya.

Bagaimana tanggapan kalian dengan DJI seri DJI Agras MG-1 kerenkah? kalian bisa memberikan tanggapan kalian mengenai drone ini dalam komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *