Fitur-fitur Android Yang Tidak Kamu Ketahui

android

Fitur-fitur yang tersedia diandroid memang sangat banyak dan hampir semuanya tentunya memiliki manfaatnya masing-masing, tapi dibalik tahukah kalian jika ada beberapa fitur bawaan yang belum banyak diketahui orang.

Beberapa fitur mainstream Android yang sering kalian gunakan, seperti Fingerprint, face unlock, dual camera, pop-up camera, dan tentunya masih banyak lagi.

Namun, kebanyakan hanya tersedia pada Smartphone yang sudah terupdate OS Android terbaru bernama Lollipop. Berikut sudah kami rangkum 5 fitur tersembunyi pada Android yang tidak diketahui banyak orang.

Android Lollipop
Android Lollipop

Reset dan Kunci Smartphone Hilang Dari Jarak Jauh

Cara yang satu ini berguna sekali apabila sewaktu-waktu Smartphone anda hilang. Apabila terdapat banyak data pribadi, anda dapat menemukan, mengunci, atau menghapus datanya.

Caranya dengan menggunakan Android Device Manager (ADM) dan untuk menggunakannya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke Settings (Setelan) 
  • kemudian tap Security (Keamanan)
  • Nyalakan kedua cek lis pada pilihan Remotely locate this device (Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh) dan Allow remote lock and erase (Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh).
  • Atau bisa klik Phone Management

Mencantumkan Kontak Saat Smartphone Hilang

Hal ini memungkinkan melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan nomer handphone kalian. Anda bisa meninggalkan beberapa pesan berisi rincian kontak disemua Smartphone anda.

Cara melakukannya pun cukup mudah, seperti :

  • Buka setting atau setelan
  • Kemudian tap security dan lock screen
  • Lalu klik lock screen preference
  • Terakhir lock screen massage, untuk menambahkan informasi kontak

Baca Juga : Vectr Aplikasi Desain Grafis Terbaik Bagi Pemula.

fitur android
fitur android

Mengaktifkan Fitur Mode Guest, Saat Handphone Dipinjam Teman

Bila Handphone anda sering dipinjam oleh teman atau keluarga, dan anda merasa cemas jika bbm, whatsApp, atau galeri dilihat sama orang lain, anda bisa mengaktifkan Guest Mode.

Android mempunyai fitur guest mode untuk “mengamankan” data-data penting atau rahasia Anda dari tangan-tangan jahil. Fitur guest mode sudah baru bisa digunakan oleh pengguna Android Lollipop.

Guest Mode merupakan akun non-admin yang memiliki akses terbatas hanya pada fungsi-fungsi esensial smartphone, seperti telepon, SMS, pengaturan, kontak, dan aplikasi bawaan lainnya.

Cara mengaktifkan Guest Mode adalah sebagai berikut.

  • Swipe ke bawah dari atas layar untuk menarik bar pemberitahuan.
  • Tekan avatar Anda di kanan atas dua kali.
  • Anda akan melihat tiga ikon; akun Google Anda, Tambah tamu (Add guest), dan Tambah pengguna (Add user).
  • Ketuk Add guest.
  • Proses ini mungkin memakan waktu dan smartphone akan sedikit terasa lemot di awal-awal dan akan kembali normal (tidak lemot) setelah beberapa menit.
  • Ketika selesai dengan guest mode, Anda dapat dengan mudah kembali ke akun Google Anda. Ikuti langkah 1 dan 2 di atas, lalu tekan ikon yang menunjukkan akun Google Anda.

Memperbesar Layar Smartphone

Ini berguna sekali bagi orang tua yang berusia senja, cukup kesulitan melihat tulisan yang kecil di Smartphone. Caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut.

Buka setting > accessibility > kemudian magnification gestures. atau

Buka setting > accessibility > vision > kemudian touch zoom

Setelah itu cukup dengan menyentuh layar tiga kali secara berturut-turut dengan cepat, maka tampilan layar dengan otomatis zoom diposisi yang disentuhnya

Mendengarkan Informasi Daripada Membacanya

Android juga kini menerapkan alternatif untuk mengetahui sebuah informasi tanpa membaca yaitu dengan mendengar suatu informasi tanpa membacanya dengan cara mengaktifkan fitur Text-to-Speech, yaitu dengan :

Buka settings > accessibility > klik menu text-to-speech

Dengan begitu secara otomatis bisa langsung mendengarkan informasi manapun dengan mudah.

Selain itu, terdapat artikel yang akan menjelaskan tentang Pengertian Lengkap Microsoft PowerPoint.

Semoga penjelasan diatas dapat membantun dan bermanfaat bagi pembacanya. Jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *