Software (Game Engine) untuk membuat game kini mulai banyak dicari-cari oleh sebagian orang terutama para Programmer Developer Game. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan pasaran akan banyaknya game-game dengan fitur yang menarik serta mumpuni sehingga dapat dimainkan dengan sangat menyenangkan.

Tapi, apa kalian tidak berfikir untuk menjadi Developer Game? Jadi Anda tidak hanya dapat memainkan game saja, tetapi Anda juga dapat membuat game tersebut sehingga menjadi nilai plus sendiri bagi Anda seperti, dapat menghasilkan uang dengan membuat aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa game engine terbaik yang sudah kami rangkum dan akan Kami sajikan pada pembahasan berikut ini.

Game Engine Terbaik :

Construct 2

Construct 2
Construct 2

Game Engine ini merupakan salah satu software pembuatan permainan yang sederhana. Software ini memiliki tagline “No programming needed” yang dimana software pembuat game yang menggunakan ini tidak harus pandai meng – coding dalam pembuatannya.

Software ini dikhususkan untuk game 2D yang dikembangkan oleh Scirra. Construct 2 ini merupakan game editor berbasis HTML-5  yang dimana dapat dengan cepat dan mudah dipahami bagi para pemula. Software ini  hanya perlu melakukan drag and drop sehingga tidak dibutuhkan keahlian khusus pada pemrograman sebelumnya, game engine untuk pemula, ini sangat recommended

Game yang sudah Anda buat dapat dipublikasikan game Anda ke berbagai versi, mulai dari HTML5, Windows Store, Chrome Web Store, atau Facebook. Jika Anda menggunakan versi berbayar, Anda bisa export ke versi Android, iOS, Windows, Mac, Linux, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Minecraft Earth Game AR Buatan Microsoft

GameSalad

GameSalad
GameSalad

GameSalad merupakan softaware pembuat game yang menargetkan pengguna yang belum memiliki pengalaman memprogram serta menggunakan sistem drag-and-drop dan UI nya pun mudah dipahami. Sehingga sangat mudah digunakan bagi para pemula khususnya.

GameSalah memiliki fitur yang menarik salah satunya Fitur Monetization yang membolehkan si pembuat game untuk memaksimalkan pendapatan game buatannya baik melalui iklan maupun In-App Purchase.

Unity

Unity
Unity

Game Engine ini merupakan sebuah software pembuat game yang bersifat multiplatform. Software ini menggunakan 2 bahasa pemrogramman yang bisa Anda gunakan, yaitu C# dan Javascript. Software ini juga menghadirkan fitur drag and drop dan pengaturan property inspector.

Game yang dibuat di Unity dapat dijalankan pada berbagai perangkat, seperti : iOS, Android, Windows 8, Blackberry, Windows Phone 8, Windows Store Apps, Mac, Linux, Web, Oculus Rift, PS3, PS4, PSVITA, PlayStation Mobile, XBOX One, XBOX 360, dan Wii U

Secara konsep, Unity lebih mudah dimengerti dan dipelajari. Karena terdapat banyak pre-built behaviours dan built-in asset library. dan juga mendukung beberapa moda pembayaran alternatif langsung di engine mereka, terutama untuk moda free-to-play monetization.

Stencyl

Stencyl
Stencyl

Software pembuat game yang pada awalnya hanya dikhusukan hanya untuk platform web dan flash yaitu yang bernama Stencyl, tapi setelah meluncurkan versi terbarunya Stencyl kini bisa untuk multiflatform. Dengan antarmuka yang berkonsep drag and drop serta game buatanmu dapat diekspor ke versi Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Flash.

Software game Stencly ini juga dapat membuat game RPG layaknya RPG maker, dikarenakan software ini terdapat fitur world editor yang berfungsi membuat sebuah map atau tile map dan disediakan fitur actor editor tool yang berfungsi untuk membuat sebuah karakter, musuh dan NPC.

Baca Juga : Microsoft Memamerkan Fitur Cloud Gaming XCloud

GameMaker

GameMaker
GameMaker

GameMake merupakan game engine yang sama dengan software-software diatas tadi, yang hampir semua langkah membuat game dilakukan dengan drag and drop, namun GameMaker menyediakan hooks untuk membuat game multi player, menghubungkan SDK eksternal, coding, dan banyak lagi.

GameMaker memiliki versi standar maupun professional. Namun jika Anda ingin fitur-fitur yang jauh lebih lengkap makan Anda harus membeli GameMaker professional seharga $99.99 (saat tulisan ini dibuat sedang ada diskon 50%).

Beberapa Game Engine yang kami beritahu ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi semua kembali kepada kebutuhan anda, untuk yang populer sekarang dalam membuat game yaitu Game Engine Unity, karena Unity bisa membuat game 2D dan 3D.

Demikian pembahasan berikut saya paparkan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan saran pada kolom komentar dibawah ini. terimakasih.

Author

Write A Comment