Google Translate Menyediakan Penerjemah Via Kamera

Logo Google Translate

Semakin banyaknya kebutuhan didunia teknologi yang bisa digunakan secara cepat dan instan. Maka Google Translate melakukan suatu terobosan terbarunya dengan menambahkan fitur penerjemahnya melalui kamera. Google Translate dapat secara otomatis mendeteksi bahasa asing dengan cara mengarahkan kamera ponsel mereka pada tulisan yang ada.

Google Translate adalah salah satu fitur pintar yang telah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna perbulannya melalui mesin pencari Google, dan termasuk salah satu fitur pada mesin pencari yang paling populer di dunia.

Fitur ini dijamin ampuh dalam melayani penggunanya dengan cepat dan terjamin akurat. Layanan ini menggunakan fungsi canggih yang disebut dengan Word Lens serta Real Time Translation, yang membantu penggunanya ketika ingin mencari terjemahan kata maupun kalimat secara cepat tanpa harus mengetikkan ataupun menyebutkan kata yang ingin diartikan.

Baca Juga : Logo Go-jek berubah, apakah ini pertanda ?

Fitur baru ini kini bisa anda digunakan langsung di aplikasi Google Translate baik itu di smartphone dengan sistem operasi Android ataupun di iOS. Untuk fitur Word Lens  merupakan kemampuan aplikasi ini menerjemahkan bahasa menggunakan bantuan kamera smartphone.

Bahasa-bahasa yang didukung oleh fitur Word Lens Google Translate antara lain Bahasa Inggris, Bulgaria, Catalunya, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Filipina, Finnish, Perancis, Jerman, Hindi (one-way translation), Hungaria, Indonesia, Italia, Lithuania, Norwegia, Polish, Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Thailand (one-way translation), Turki dan Ukraina.

Dikabarkan bahwa fitur ini terdapat sejumlah perbaikan diprediksi akan hadir termasuk kualitas penerjemahan lebih baik. Selain itu, update ini juga akan mendukung lebih banyak bahasa, Pengguna harus memilih sumber dan target bahasa yang diinginkan sebelum mengakses kamera, memotret dan menggaris bawahi teks yang ingin diterjemahkan.

Kemampuan penerjemahan visi komputer Google Translate juga mendapat tantangan besar saat ini dengan penambahan 60 bahasa baru untuk terjemahan instan. Versi terbaru ini akan sangat bermanfaat bagi para turis asing yang mengunjungi negara-negara di Eropa, Afrika, dan Asia, dengan tambahan seperti bahasa lokal seperti Hindi, Latvia, Persia, dan Shona.

Jadi, kini Google Translate telah menerjemahkan dari 88 bahasa ke lebih dari 100 bahasa. Jumlah itu tentu terbilang ‘sedikit’ dibandingkan begitu banyaknya bahasa yang ada di dunia, sehingga jumlah dukungan bahasa dipastikan masih akan terus bertambah. Berikut ini adalah daftar lengkap 88 bahasa yang didukung Google Translate Image.

bahasa Google Translate
bahasa Google Translate

Sebelumnya, fitur penerjemah via kamera Google Translate menjadi salah satu fitur yang dinilai masih belum benar-benar dijelaskan pada dokumennya. Artinya, pada prakteknya, sejauh ini, fitur tersebut dinilai sejumlah pihak sebagai pembuktian dari sebuah konsep.

Google kini sedang disibukkan dengan mengembangkan fitur Augmented Reality Instant, yang bertugas untuk segera menerjemahkan teks dan menampilkannya pada layar dalam bahasa target layaknya benar-benar tertulis di bagian yang diterjemahkan.

Baca Juga : 10 Game yang dijual dengan harga fantastis

Caranya cukup mudah dalam menggunakannya, seperti :

translate via kamera
translate via kamera
  • Pertama, terlebih dahulu mempunyai Aplikasi Google Translate
  • Kedua, jika sudah kemudian buka aplikasi nya lalu pilih bahasa masukan serta bahasa hasil terjemahan yang diinginkan.
  • Ketiga, kemudia tinggal sentuh ikon foto yang ada dibagian tengah. Kemudian foto gambar tersebut.
  • Terakhir, Kamera akan langsung menampilkan terjemahan bahasa yang diinginkan. 

Kecakapan dalam terjemahan bahasa telah menjadi demonstrasi penting dari kemampuan beberapa perusahaan AI terbesar di dunia. Sebagai bagian dari operasi pemahaman bahasa yang mendukung hal-hal seperti asisten AI, perdagangan lokal, atau interaksi media sosial.

Google juga sudah memperkenalkan Terjemahan Instan dengan speaker Home Google pada bulan Januari, sebuah cara untuk menerjemahkan percakapan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *