Hati-hati Komputer Bisa Diretas Melalui Notepad

computer

Hati-hati adalah ungkapan awal yang ditujukan untuk kita semua para pengguna komputer, terutama windows. Karena, Sekali dibobol, hacker kemungkinan bisa mengakses semua sistem yang ada di komputer-mu.

Sebuah celah keamanan yang mengancam para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows, baru-baru ini ditemukan oleh pemburu celah keamanan dari Google.

Sebelumnya Windows juga mengatakan bahwa operasi sistem lamanya memiliki resiko keamanan dan diharuskan melakukan pembaruan sistem keamanan agar terhindar dari virus Wannacry. Berikut penjelasan lengkapnya Peringatan untuk pengguna Windows 7.

Pemburu celah keamanan tersebut ialah tim Project Zero yang berhasil menemukan celah keamanan berbahaya di sistem operasi Windows. Celah ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk mengambil alih akses.

Cara mengambil alih akses komputer dari pemiliknya itu menggunakan kode tertentu melalui Notepad. Celah keamanan ini dinamakan CVE-2019-1162.

notepad
notepad

Ahli di Google Project Zero bernama Tavis Ormandy, menjelaskan jika celah keamanan tersebut terdapat di framework Windows Text Service, kerangka yang bertugas mendukung input dan pemrosesan teks.

Karena diklaim terdapat salah satu komponen di sistem CTextFramework yang bisa diretas melalui aplikasi-aplikasi yang berinteraksi dengan komponen itu dan menampilkan teks di layar.

“Celah keamanan ini kemungkinan menyebar ke lintas sesi dan melanggar batas keamanan NT Windows selama hampir 20 tahun dan tidak ada yang menyadarinya,” jelas Ormandy

“Jika protokol keamanan yang mengatur sistem bisa dengan mudah dilewati para peretas. Dengan begitu, mereka dengan mudah bisa meningkatkan akses ke beberapa sistem perangkat milik korban.” Tambahnya lagi

Pada dasarnya NT Security Windows sendiri merupakan sebuah kombinasi teknik yang digunakan untuk memastikan perlindungan dari akses yang tidak diinginkan.

Menurut kabar yang beredar CVE-2019-1162 dapat ditemui mulai dari OS Windows XP. Namun penyebaran celah kemanan ini bisa saja lebih luas dari perkiraan.

Windows XP
Windows XP

Oleh sebab itu, harus lebih hati-hati dan bijak dalam mengunakan komputer karna apapun yang di lakukan dengan komputer anda bisa dimata-matai oleh orang lain.

Terutama orang-orang penting yang memiliki jabatan tinggi karena merekalah sasaran empuk para hacker untuk menciptakan pundi-pundi uang dengan memerasnya.

Ada satu kutipan dari sebuah film bertema Hacker yang tertulis “no system is save” yang dimana artinya berarti tidak ada apapun yang tidak bisa ditembus.

Namun ada berita baik yang baru-baru ini mucul dimedia tentang permasalahan yang terjadi dan membuat hampir semua pengguna komputer hati-hati atau cemas.

Bahwasanya, menurut kabar Microsoft telah merilis penambalnya dan telah meminta kepada para penggunanya untuk segera memperbaharui sistem kemananan ke update paling baru secepatnya.

Semoga celah kemanan yang rentan dibobol tersebut dapat diatasi dengan segera dan secepat mungkin sehingga tidak ada lagi yang cemas karena takut data pribadi atau privasinya terbongkar.

Namun tahukah anda jika Microsoft meluncurkan Bosque sebuah bahasa pemrograman terbaru dengan tampilan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh manusia (programmer) dan mesin. berikut penjelasan lebih detail nya Bahasa Pemrograman Bosque.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan bermakna bagi pembacanya sehingga dapat membantu bagi yang tidak mengetahuinya. Jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *