Intel Luncurkan Prosesor AI Pertama Bernama SpringHill

intel

Intel Corp akan meluncurkan produk prosesor terbarunya bernama Nervana NNP-I atau SpringHill dengan keunggulannya dalam bidang kemampuan artificial intelligence. Chipset tersebut dirancang guna memfasilitasi komputasi yang besar.

Namun sebelumnya beberapa perusahaan ternama juga mulai mengembangkan prosesor terbaiknya walaupun sebagian besar belum menyematkan AI didalamnya. Salah satunya perusahaan MediaTek, yang mengklaim bahwa MediaTek Siap Menjadi Prosesor Gaming Murah.

Prosesor SpringHill buatan Intel tersebut dikembangkan dan difasilitasi miliki perusahaannya yang terletak di Haifa, Israel. Chipset bernama Springhill ini dibuat dengan mengacu pada chipset Ice Lake berarsitektur 10nm.

Di klaim mampu mengatasi beban kerja yang sangat tinggi namun dengan menggunakan energi yang sangat sedikit. Dan Facebook telah menggunakan Prosesor AI milik Intel tersebut.

Akan tetapi, Intel mengatakan bahwa produk prosesor berkemampuan AI tersebut akan hadir setelah mereka berinvestasi disetiap perusahaan-perusahaan rintisan asal Israel, termasuk Habana Labs dan NeuroBlade.

“Untuk meraih situasi masa depan ketika ‘AI everywhere’, kami harus berurusan dengan jumlah besar data yang dihasilkan dan memastikan organisasi-organisasi telah berperangkat dengan apa yang akan mereka lakukan terhadap data itu,” Ujar Naveen Rao, General Manager Grup.

“Komputer-komputer itu butuh akselerasi bagi aplikasi-aplikasi AI yang kompleks.” Ujarnya kembali.

Intel membicarakan tentang manfaat dari chipset terbarunya ini, dengan kemampuan akselerator khusus yang dimana mudah untuk diprogram, terdapat latensi pendek, porting kode yang cepat dan mendukung semua kerangka kerja mendalam.

“Akselerator khusus seperti Intel Nervana NNP dibangun dari bawah ke atas, dengan fokus pada AI untuk memberikan pelanggan kecerdasan yang tepat pada waktu yang tepat,” Ujarnya dalam posting blog resminya.

SpringHill menawarkan kinerja/efisiensi daya terbaik di kelasnya (4,8 TOPs / W) pada beban kerja pusat data utama dan menawarkan penskalaan daya 5x untuk peningkatan kinerja. Sehingga akan mencapai tingkat programabilitas yang tinggi tanpa mengurangi kinerja / efisiensi daya.

Spesifikasi Intel SpringHill
Spesifikasi Intel SpringHill

Berikut ini spesifikasi SpringHill :

  1. Menggunakan teknologi 10nm (nanometer)
  2. Core Intel IA dengan AVX dan VNNI
  3. Mesin Komputasi Inferensi 12x (ICE)
  4. Manajemen daya yang dinamis dan teknologi FIVR
  5. 4 × 32, 2 × 64 LPDDR4x
  6. 24MB LLC untuk berbagi data IC IC dan IA dengan cepat
  7. Sinkronisasi berbasis perangkat keras untuk komunikasi ICE ke ICE.

Intel menyatakan bahwasanya prosesor tersebut akan membantu prosesor Intel Xeon dalam perusahaan-perusahaan besar sebagai hal yang dibutuhkan bagi komputasi yang rumit dalam lingkup AI yang kini semakin meluas.

Baca Juga :Prosesor Kirin 980 Buatan Huawei setara dengan Snapdragon 845

Namun, kini secara resmi mulai memperkenalkan kembali anggota keluarga terbaru dari Core Generasi ke-10 bernama Comet Lake. SKU awal Comet Lake yang diperkenalkan ditujukan untuk notebook yang tipis dan ringan maupun yang tanpa kipas.

Comet Lake masih menggunakan arsitektur sama dengan generasi sebelumnya, bernama Intel Whiskey Lake serta Intel Amber Lake Y. Dengan menggunakan technology node 14 nm yang sudah digunakan pada generasi sebelumnya meski kini sudah memiliki perbaikan.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *