Libra Mata Uang Kripto Buatan Facebook

libra

Libra adalah jenis mata uang kripto atau koin digital yang dibuat oleh Facebook, salah satu perusahaan jejaring sosial raksasa. koin digital ini dibangun menggunakan blockchain dan nilainya ditetapkan berdasarkan sejumlah mata uang dunia supaya tidak volatil seperti bitcoin.

Namun, Blockchain yang digunakannya ini, menggunakan bahasa pemrograman Move yang menepatkan keamanan sebagai prioritas utama. Move didesain agar aset-aset yang tercantum tidak dapat diduplikat.

Koin digital ini muncul bersamaan dengan dompet kripto yang bernama Calibra. Calibra juga akan menjadi aplikasi mandiri untuk ponsel Android dan iOS.

facebook crypto wallet calibra
facebook crypto wallet calibra

Calibra berguna sebagai penampung dompet digital dari berbagai perusahaan besar yang berada dibawah naungan Facebook, dengan menyediakan layanan keuangan berbasis jaringan Libra.

Baca Juga : Samsung Galaxy Fold Resmi Dirilis Kembali

Mata uang kripto ini didesain sebagai “perantara” bagi mata uang tradisional. Facebook berharap kedepannya Libra dapat diterima sebagai bentuk pembayaran dan dapat mengubah perekonomian dunia.

Untuk penggunaannya sendiri, pengguna sudah harus membeli token di bursa penukaran cryptocurrency dan menyimpannya di sebuah dompet digital yang bernama Calibra.

Untuk persoalan privasi tidak ada masalah sama sekali, karena Calibra tidak mencampurkan data personal di Facebook dengan transaksi Libra. Identitas pengguna disembunyikan, sehingga dipastikan aman.

Demi menghindari volatilitas, Facebook menggandeng beberapa perusahaan ternama dalam mengatur koin digital ini yang terkumpu didalama naungan Libra Association.

Kini, sudah terdapat 27 perusahaan ternama yang siap untuk menjadi validator transaksi koin digital ini, seperti: MasterCard, PayPal, eBay, Uber dan Vodafone. Jumlah validator akan ditambah lagi hingga lebih dari 100 perusahaan.

libra association founding partners
libra association founding partners

Libra ini mirip dengan bitcoin karena sama-sama berbasis blockchain. Namun, tentunya memeiliki beberapa perbedaan mendasar yang dimiliki libra, antara lain :

  • Libra kelola dan dikendalikan

Koin digital ini dikelola oleh suatu lembaga nirlaba bernama Libra Association. Lembaga ini berpusat di Swiss dan sudah memiliki 28 anggota perusahaan.

  • Menjadi anggota Libra Association

Calon anggota diharuskan membayar sebesar US$10 juta. Koin digital ini berfungsi layaknya bank sentral. Menurut White Paper yang dipublikasikan, sebelum diterbitkan semester I-2020, keanggotaannya ditargetkan menjadi 100 entitas.

  • Harga koin Libra stabil

Untuk harga koin digitas ini diklaim akan lebih stabil karena tidak fluktuatif, dikarenakan nilai tukarnya dikaitkan dengan mata uang resmi seperti dolar Amerika Serikat (AS), euro, dan yen.

  • Aset dasar

Koin digital ini memiliki aset dasar, salah satunya deposito bank dan surat berharga jangka pendek dan dipegang oleh network of custodian yang dikendalikan Libra Association.

  • Privasi dan keamanan

Bila ingin transaksi tidak bisa menggunakan user sebagai anonim, karena setiap transaksi harus menggunakan Calibra dan pengguna diharuskan melalui proses “know your customer”. Proses ini untuk mencegah kejahatan di sektor keuangan.

Layanan Facebook.Inc, termasuk WhatsApp, Instagram, dan Messenger, menargetkan penggunanya bisa bertransaksi dengan Libra mulai 2020 mendatang. mata uang ini bisa digunakan membeli barang atau mengirim uang

Sayangnya, kini mata uang tersebut menuai polemik baru. Pasalnya, Gubernur Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengeluarkan pernyataan keras pada mata uang besutan Facebook itu.

“Libra menimbulkan banyak perhatian serius terkait privasi, pencucian uang, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan,” ujar Jerome Powell 

Powell sendiri mengaku mendukung inovasi tersebut asal risikonya dapat diidentifikasi. Mata uang itu sendiri bisa dikhawatirkan berdampak sistemik di sistem keuangan jika mata uang digital ini bermasalah.

“Saya rasa proyek ini tidak dapat dilanjutkan tanpa mengatasi masalah itu.” Tambahnya.

Jadi, kita lihat saja kedepannya bagaimana Koin digital buatan Facebook itu akan berkerja dan apa dampaknya bagi masyarakat luas yang kini sedang menunggu kehaditan koindigital tersebut.

Selain itu, ada artiel mengenai sebuah Penjelasan Lengkap Affiliate Marketing. semoga bermanfaat bagi pembacanya dan mohon berikan ulasan dikolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *