MediaTek Siap Menjadi Prosesor Gaming Murah

mediatek

MediaTek kini meluncurkan prosesor dengan keluaran terbarunya. Chip ini disebut-sebut mampun mengintegrasikan prosesor dengan chip untuk konektivitas 5G dan nirkabel dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada beberapa perusahaan yang mengembangkan prosesor berkekuatan 5G ini seperti Huawei, Samsung dan MediaTek. Pada Huawei kini telah meluncurkan Prosesor Kirin 980 Buatan Huawei setara dengan Snapdragon 845 yang hanya terpasang diperangkat ponsel Huawei sendiri.

Perbedaannya hanya MediaTek dan Qualcomm yang menyediakan prosesor untuk semua perangkat smartphone, berbeda pada Huawei dan Samsung yang hanya menyediakan untuk perangkatnya sendiri.

Chip tersebut diklaim mampu meningkatkan daya tahan baterai perangkat. MediaTek juga memeberitahu bahwa akan menyematkan chipset ini pada ponsel middle dan lower end.

Dengan itu, tentunya banyak yang berharap pihak MediaTek segera merilis prosesor tersebut dengan segera, terutama bagi konsumen ponsel android kelas menengah.

Tentunya akan ada banyak pihak yang berharap MediaTek segera menyelesaikan prosesor tersebut, terutama para konsumen gadget android kelas entry level dan menengah.

Sebelumnya, Qualcomm memimpin industri prosesor berkonektivitas 5G. Karena Sebelum itu chipset 5G hanya dimiliki oleh Qualcomm Snapdragon yang sudah disematkan pada ponsel-ponsel premium.

Namun, kini berubah saat MediaTek mengumumkan peluncuran chipset 5G terbarunya dengan harga yang murah. Yang berarti Qualcomm akan mengalami kemunduran atau tetap konsisten menjadi prosesor terbaik.

Prosesor-prosesor tersebut memang dikenal hampir selalu memperkuat ponsel murah yang ber spesifikasi gahar, sehingga prosesor tersebut sangat dinantikan kehadirannya.

Ada beberapa prosesor terbarunya, yaitu M70 5G Cortex-A77 dan GPU Mali-G77 yang sudah diluncurkannya ini menggunakan sebuah chip ARM terbarunya.

mediatek SoC
mediatek SoC

Salah satu keunggulannya adalah bahwa prosesor m70 5G ini juga memiliki arsitektur 7nm yang diklaim mampu menghasilkan tenaga yang sangat cepat dan efisiensi baterai yang baik pula.

Sayangnya, MediaTek membatasi penggunaan pada jarinya 5G nya pada sub-6GHz sehingga mampu menekan biaya produksi pembuatan chip. Dikarenakan chip ini dijua dengan harga terjangkau.

Walaupun, berimbas pada kecepatan data yang tidak maksimal dengan hanya bekerja pada sub-6GHz tapi M70 mampu bekerja dengan stabil dan cakupan area nya lebih luas.

Kemudian, ada chipset Helio seri gaming terbarunya yang terdiri dari Helio G90 dan Helio G90T. Chipset ini merupakan CPU octa-core dengan Clock speed hingga 2.05GHz dengan memadukan chipset ARM Cortex-A76 dan A55.

Chipset ini mendukung memori LPDDR4x hingga kapasitas 10GB di frekuensi 2133MHz. Untuk GPU menggunakan Mali G76 dengan kemampuan yang bisa dioptimalkan hingga 800Mhz.

mediatek G
mediatek G

Salah satu fitur spesial dari kesua chip tersebut yaitu sudah menggunakan teknologi bernama HyperEngine. Diklaim dapat memacu kinerja CPU dan GPU untuk memberikan pengalaman bermain game menjadi lebih baik.

“Dengan Helio G90 Series, anda mendapatkan tampilan layar yang super cepat dan responsif serta lag lebih rendah untuk bermain game. Karena di dunia game, setiap milidetik sangat berarti” tutur GM Wireless Communication MediaTek, TL Lee.

Prosesor terbarunya ini baru menandai upaya merambah ponsel high-end untuk menjadi terdepat pada pasar 5G. Dikabarkan pula bahwa MediaTek akan mendukung perangkat high-end dengan harga penjualan yang dibilang tinggi.

MediaTek dipastikan akan berjuang keras untuk menjadikan prosesor ini menjadi yang terbaik dengan mngedepankan kemampuan dan harga yang terjangkau.

Tapi, hingga saat ini belum diketahui secara pasti ponsel mana yang akan menggunakan chipset ini untuk pertama kalinya. Yang pasti ponsel tersebut akan dikhususkan untuk gaming.

Hingga saat ini, MediaTek dan Qualcomm akan bersaing untuk menghadirkan chipset terbaiknya pada perangkat-perangkat ponsel selain Huawei dan Samsung yang sudah mempunyai Chipset sendiri.

Selain itu, ada artikel mengenai Apple Card, Kartu Kredit Buatan Apple. Semoga bermanfaat bagi pembacanya dan dimohon ketersediaannya dengan berikan ulasan dikolom komentar kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *