Merawat Laptop Agar Tidak Rusak Berikut Tipsnya

broken laptop

Merawat laptop harus sering dilakukan. Karena laptop adalah salah satu benda yang paling sering digunakan dalam setiap aktifitas karena kemudahannya dalam membawanya sehingga lebih efisien.

Namun penggunaan laptop yang berlebihan serta tidak dilakukannya perawatan akan membuat perangkat tesebut menjadi tidak stabil atau lemot bahkan bisa saja mati total karena adanya kerusakan didalamnya.

Oleh karena itu, wajib melakukan perawatan agar bisa selalu digunakan kapan saja tanpa adanya kendala rusak, lemot dan tentunya akan bertahan lama.

Namun, Sering sekali sebagian besar orang mengeluhkan mengapa laptop mereka rusak. Itu karena mereka tidak tahu cara merawat laptop mereka. Mereka hanya bisa menggunakan laptop mereka tanpa tahu cara merawat laptop itu.

ilustrasi kekesalan pada laptop yang lemot
ilustrasi kekesalan pada laptop yang lemot

Dengan begitu kami memberikan beberapa tips bagi pengguna laptop yang tidak mengetahui bagaimana caranya merawat laptop agar tetap stabil dan bisa tahan lama.

Jauhkan Dari Air

Laptop itu merupakan benda elektronik yang dimana sangat dianjurkan untuk jangan sampai terkena air, terlebih air tersebut menandung mineral. Karena pada mineral akan mengorosi bagian-bagian tertentu pada laptop tersebut.

Jika laptop sudah terkena air, maka akan sulit untuk memperbaiki laptop tersebut, apalagi jika kadar air yang masuk ke dalam laptop tersebut cukup banyak.

Jangan Gunakan Laptop Di Kasur

Sebagian orang pasti pernah menggunakan laptop dikasur. Padahal, sangat tidak baik menggunakan laptop diatas kasur karena dapat menghambat sirkulasi udara didalam laptop.

Hal ini akan berakibat overheat atau kelebihan suhu dari hardware meningkat dan bisa cepat merusak laptop Anda. Karena penggunaan di atas tempat-tempat yang tidak datar (menghambat keluarnya udara).

Sehingga udara panas yang dihasilkan oleh laptop tersebut tidak bisa keluar dan mengganggu kinerja perangkat keras dari laptop itu sendiri dan bisa membuat perangkat keras itu rusak.

Perbaharui sistem operasi atau aplikasi secara rutin

Rutin melakukan update merupakan bentuk maintenance bagi laptop. Tujuannya, agar dapat memperbaiki bug atau celah, sehingga mengoptimalkan kinerja laptop. Update secara berkala memungkinkan Anda dapat menikmati fitur-fitur baru yang ditawarkan developer dan memperkecil kerusakan pada sistem operasi.

Baca Juga : Hati-hati Komputer Bisa Diretas Melalui Notepad.

Hindari penggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop yang digunakan terlalu lama bisa saja terkena overheat (panas yang berlebihan). Perlu diingat laptop berbeda dengan komputer yang dapat dinyalakan 24 jam nonstop.

Update BIOS

BIOS juga perlu diperbaharui agar memastikan Anda telah memiliki versi yang terbaru. Update pada BIOS akan meningkatkan performanya sehingga kompatibilitas antara hardware dan software tetap terjaga.

Jangan Menutup LCD setelah Dimatikan

Dianjurkan untuk tidak langsung menutup layar setelah dimatikan itu takutnya layar terkena suhu panas yang menguap dari hardware-hardware laptop. Ketika laptop baru dimatikan, panas yang dihasilkan dari laptop tersebut belum hilang dan jika langsung menutup layar laptop setelah mematikan laptop tanpa ada jeda waktu, ditakutkan panasnya akan membakar layar laptop secara kecil dan perlahan.

Cabut peripheral laptop

Setiap laptop sudah tidak digunakan, jangan lupa untuk mencabut aksesori yang terpasang ke laptop. Karena ketika tidak mencabut baterai laptop dari stop kontak meskipun baterai telah penuh akan membuat laptop rusak.

Baca Juga : Fitur-fitur Android Yang Tidak Kamu Ketahui.

Bersihkan laptop secara rutin

Untuk pengguna laptop sebisa mungkin untuk rutin membersihkan perangkatnya. Karena, debu merupakan salah satu biang masalah bagi laptop. Jika tidak dibersihkan, debu yang menumpuk di sela-sela ventilasi, mainboard, maupun kipas laptop dapat menyebabkan laptop cepat panas (overheating).

Jangan terlalu lama memainkan game berat

Apabila anda hanya bermain game ringan tidak masalah, tapi apabila bermain Game dengan spesifikasi yang HD secara terus menerus maka harus lebih berhati-hati dan harus sedikit dikurangi jika laptop anda ingin tidak cepat rusak.

Jadi, Jika kalian sudah membaca langsung saja lakukan cara tersebut agar laptop kalian tidak rusak dan share artikel ini agar orang lain mendapatkan manfaat atau informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *