Microsoft Memamerkan Fitur Cloud Gaming XCloud

xcloud

Microsoft menurut Wikipedia merupakan sebuah perusahaan multinasional yang didirkan oleh Bill Gates, berpusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Bergerak dibidang yang berkaitan dengan teknologi komputer.

Tepatnya tahun lalu, Microsoft memamerkan hasil kolaborasinya dengan Sony untuk layanan Project xCloud di ajang konferensi tahunan pengembangan yang digelar oleh Samsung. Proyek ini dikerjakan tim engineer guna untuk mengubah industri gaming.

Sony dan Microsoft mengatakan mereka juga akan berkolaborasi pada peralatan dan kecerdasan buatan, termasuk sensor gambar Sony yang nantinya akan dikombinasikan dengan teknologi Azure AI Microsoft.

“Dua perusahaan akan bekerja sama untuk mengembangkan solusi cloud masa depan di Microsoft Azure muntuk mendukung layanan game dan streaming konten keduanya,” tulis pihak Microsoft dalam pernyataan resmi.

K erja sama Microsoft ini turut mengindikasikan kerja sama eksklusif dengan operator seluler untuk xCloud di masa mendatang. Selain itu, Microsoft juga tengah berupaya untuk mengoptimalkan data center, jaringan dan layanan secara keseluruhan di berbagai jaringan.

Sebelumnya juga telah dirilis sebuah game Minecraft Earth Game AR Buatan Microsoft.

Microsoft menyebutkan sudah mampu menyediakan layanan streaming untuk 3.500 game. Para developer juga tidak harus melakukan konfigurasi pada game buatannya. Layanan ini akan melakukan ujicoba publik Xbox XCloud akhir musim ini.

“Kami telah mengembangkan dan mengustomisasi proyek xCloud ke data center Microsoft Azure yang tersebar di 13 bagian belahan dunia yang akan menyediakan pusat pengembangan game untuk kawasan Amerika Utara, Asia, dan Eropa,” tutur Cloud Gaming Chief Microsoft, Kareen Choudry.

Proyek XCloud ini akan menjadikan penggunanya dapat memainkan berbagai game yang biasa dimainkan di konsol dengan spek tinggi yang dapat dimainkan diberbagai perangkat.

memainkan XCloud di ponsel
memainkan XCloud di ponsel

Bila ingin memainkan sebuah game XCloud dapat langsung memainkannya di Android dan bagi yang memiliki Xbox Controller, juga dapat enggunakannya tanpa harus menggunakan controller. Dengan menggunakan visual controller layaknya memainkan berbagai game.

xCloud ini sungguh potensi akan merubah orang-orang dalam bermain game. Xbox juga mempunyai pelayanan memainkan seluruh game tanpa wajib berbelanja game-nya. Servis ini sifatnya berlangganan selama 1 tahun saja.

Kemungkian besar, xCloud juga akan mempunyai pelayanan seperti ini. Tidak peduli berbelanja konsol terlebih dahulu atau tidak, Dengan hanya berlangganan dan dapat memainkan game darimana saja dan kapan saja tanpa ribet.

Dengan adanya layanan ini developer game tak perlu merombak gamenya secara besar-besaran, melainkan cukup melalui developer tool yang didesain untuk xCloud dan juga penggunaan Touch Adaptation Kit yang membuat developer dengan mudah menerapkan kontrol layar sentuh ke game buatannya

Microsoft juga kini sedang menjalin kerjasama dengan operator besar Amerika Serikat seperti Verizon dan AT&T yang diklaim akan menggebrak pasar perindustrian dibidang teknologi pada masa mendatang.

Pada episode terbaru Inside Xbox di Youtube, memperlihatkan sebuah XCloud yang sedang dikerjakan pada perangkat Samsung Galaxy S9. Hal itu diyakini akan menjadi bagian yang penting dimasa yang akan datang.

Baca Juga : Perbedaan Antara Linux dan Unix Beserta Penjelasannya

“Kami yakin dengan masa depan, di mana kalian akan dapat mengakses konten dengan mulus di ponsel, tablet, atau perangkat lain yang terhubung. Bayangkan kalian baru saja memulai kampanye single-player sebelum ke luar kota, dan ingin terus bermain,” ungkap Kareem Choudhry.

Proyek ini nantinya mendukung resolusi hingga 8K, memori penyimpanan SSD, dan dukungan ray tracing. Akan menggunakan CPU  keluaran AMD, dan menggunakan prosesor baru ini empat kali lebih kuat dari pada Xbox One X. Microsoft juga menggunakan RAM GDDR6 , dan berfokus pada peningkatan framerate dalam game.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembcanya dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *