Minecraft Earth Game AR Buatan Microsoft

Minecraft earth

Microsoft baru saja mengumumkan Minecraft Earth, sebuah game AR baru yang dikembangkan oleh Mojang. Game ini mengambil inspirasi dari Pokemon Go, game besutan Niantic yang sempat membuat kehebohan sejak pertama kali dirilis berkat teknologi AR yang dibawanya.

Perusahaan asal Amerika Serikat Microsoft mengumumkan game AR terbaru mereka dengan nama Minecraft Earth, game ini sama seperti game Minecraft pada umumnya hanya saja ini dijalankan dalam bentuk AR.

Mekanisme permainan Minecraft Earth nantinya juga akan melibatkan benda-benda yang ada di dunia nyata. Selain itu, menurut Microsoft, game ini akan memiliki inti permainan yang sama dengan Minecraft; dengan sedikit perubahan dan penambahan mode permainan.

Dilansir dari Phone Arena, Microsoft menggoda para penggemar Minecraft dengan memperkenalkan game terbaru mereka yaitu game mobile Minecraft dengan mode AR (augmented reality).

Minecraft Earth adalah sebuah game mobile augmented-reality untuk perangkat iOS dan Android. Game ini memungkinkan pengguna untuk membangun strukur ukuran kecil dan besar, dengan dunia nyata sebagai kanvasnya. Versi Beta tertutup dari Minecraft Earth akan rilis pada pertengahan tahun ini.

Baca Juga : Prosesor Kirin 980 Buatan Huawei setara dengan Snapdragon 845

Dalam trailer yang mereka berikan, nantinya pemain bisa membuat bangunan dan berbagi dunia pixel bersama pemain lainnya secara real-time. Di ajang Apple WWDC beberapa waktu lalu, mereka juga sempat memberi gambaran mengenai game tersebut.

Logo Minecraft Earth
Logo Minecraft Earth

Dari cuplikan yang mereka pertontonkan, nantinya pemain bisa mengedit bangunan seukuran miniatur dan mengubahnya menjadi besar untuk memamerkannya. Mojang akhirnya merilis gameplay trailer untuk memberi gambaran pada pemain apa saja yang bisa mereka lakukan di Minecraft Earth sepenuhnya.

Hampir senada dengan beberapa game AR besutan Niantic, nantinya pemain bakal berinteraksi dengan lingkungan. Seiring waktu bakal muncul Tapabbles yang bisa pemain koleksi dengan mendatangi lokasinya. Dari mulai chest hingga monster bisa pemain temukan di dalam Tapabbles.

Dikutip dari The Verge, Minecraft Earth akan mengadopsi peta dunia untuk digunakan sebagai peta di dalam game. “Keseluruhan planet telah kami cakup di Minecraft. Setiap danau adalah tempat di mana Anda bisa memancing, setiap taman adalah tempat di mana Anda bisa menebang pohon. Kami telah merangkul peta dari seluruh dunia dan mengonversinya menjadi Minecraft.” kata Torfi Olafsson, direktur Minecraft Earth.

Pemain Minecraft Earth akan dapat menemukan dan mengumpulkan item versi unik dan menggunakannya untuk membuat bangunan mereka lebih kaya, serta mengumpulkan sumber daya dan menghadapi rintangan di dekatnya.

Sama seperti dengan Minecraft versi original, nantinya pemain juga bisa melawan monster dan mobs atau binatang mengerikan lainnya untuk bertahan hidup.

Minecraft earth plays
Minecraft earth plays

Minecraft Earth akan menjadi permainan yang menyenangkan untuk dimainkan bersama teman-teman Anda dan Microsoft mengenalinya dengan memperkenalkan multiplayer kolaboratif, dioptimalkan untuk pengalaman multi-pemain sosial dan ditujukan untuk siapa saja dengan smartphone yang mendukung AR.

Microsoft mengatakan Minecraft Earth nantinya akan bisa dimainkan secara gratis. Tapi, sepertinya game ini merupakan game freemium di mana pemain bisa membeli konten lewat aplikasi.

Baca Juga : Mad Box, Konsol Baru Pesaing Xbox dan PlayStation

Minecraft Earth akan tersedia dalam versi beta di Android dan iOS musim panas ini, tetapi rilis penuh tahun ini tidak menjadi pertanyaan jika program beta berjalan dengan baik.

Jika pengguna ingin mendaftar di program beta tersebut, Microsoft sudah menyediakan formulir pendaftarannya yang dapat diakses melalui tautan berikut. Pengguna perlu ponsel yang setidaknya sudah menjalankan Android Nougat, dan memiliki akun Microsoft atau Xbox Live untuk mendaftar. Pengguna yang mendaftar juga akan mendapatkan skin gratis yang nantinya dapat dipakai dalam permainan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *