Cara merawat harddisk agar tahan lama sebenarnya cukup mudah. Namun, bagi sebagian orang hal itu mungkin akan menyita waktu yang lumayan lama dan pengerjaannya cukup sulit terutama orang awam yang tidak mengetahui segala hal tentang komputer.

Sebelum memberitahu tentang cara merawat dan mengatasi harddisk yang rusak, terlebih dahulu untuk mengetahui lebih jauh tentang HDD dan bagaimana sistem kerjanya sehingga Anda tau dan paham melalui pembahasan kali ini.

Baca Juga : Pengertian Vektor dan Bitmap Beserta Kelebihannya

Pengertian

Harddisk atau biasa disingkat dengan HDD merupakan salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan untuk dapat digunakan dalam menyimpan atau membaca data pada komputer dan memiliki sifat non-volatile memory.

harddisk
harddisk

Maksud dari non-volatile memory tersebut berarti setiap data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan. HDD ini hadir dengan berbagai macam ukuran kapasitas yang mampu menyimpan hingga milyaran bytes.

HDD memiliki fungsi untuk menyimpan atau membaca data pada komputer, seperti sistem operasi (windows, linux), software (browser, office dll) serta data pribadi anda (dokumen, foto, lagu dll).

Komponen – Komponen Harddisk

  • Spindle

Hard disk terdiri dari spindle yang menjadi pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat dengan menggunakan high quality bearing. Sehingga gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir. Juga menentukan putaran hard disk. Semakin cepat putaran rpm hard disk maka semakin cepat transfer datanya.

  • Platter

Platter merupakan cakram bundar dalam harddisk, dimana binary “1” dan “0” membentuk sebuah file untuk disimpan. Platter dibuat dari bahan alumunium, kaca atau keramik yang memiliki permukaan magnetik guna menyimpan data secara permanen.

  • Read and Write head

Read/write head adalah komponen yang berfungsi untuk membaca, menulis atau menghapus data pada platter. Terdapat satu head di tiap sisi platter, satu sisi diatas berfungsi untuk membaca dan satu sisi dibawah untuk menulis yang dibantu actuator arm.

  • Actuator arm

Read/write actuator arm adalah motor kecil yang berfungsi untuk menyesuaikan posisi read/write head sesuai dengan lokasi data yang akan tulis pada pattern dan mengawasi transfer data ke platter.

Baca Juga : Pengertian Lengkap tentang Sistem Operasi

Cara Merawat

Namun, tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara merawatnya agar dapat digunakan lebih lama dan tidak gampang rusak. Oleh karna itu pembahasan kali ini akan memberitahu Anda bagaimana cara merawatnya dengan mudah dan terjamin.

komponen Harddisk
komponen Harddisk

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat Harddisk.

Defrag secara berkala

Demi menjaga HDD tetap memiliki kinerja yang baik, sangat disarankan untuk melakukan Defragment secara berkala. Agar kinerja read and write nya menjadi lebih cepat seperti baru lagi. Cara melakukannya pun cukup mudah dengan buka menu start – ketik defragment – optimize/analyize.

Hindari partisi berlebihan

Sebenanya penggunaan partisi yang banyak tidak apa-apa jika memiliki kapasitas Harddisk yang besar demi memudahkan Anda dalam memilah-milah berbagai file .Namun tidak disarankan dalam jumlah yang banyak, misal 2 atau 3 partisi saja sudah cukup.

Jika terlalu banyak, hal tersebut akan membuat fragment hard disk menjadi terbagi karena tugas read dan write di beberapa partisi. Sehingga sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan partisi yang banyak dan cukup 2 partisi saja.

Baca Juga : 5 Monitor Untuk para Desain Grafis dan Editor

Hindari menggunakan laptop dikasur

Hard disk yang dimainkan diatas kasur akan membuat sirkulasi panas pada laptop tidak keluar secara optimal dan jika sirkulasi panas pada laptop tidak optimal maka akan mempengaruhi hard disk pada laptop Anda. Jadi disarankan untuk menggunakan laptop ditempat yang datar.

Gunakan Antivirus

Anda bisa menggunakan program antivirus bawaan Windows seperti Windows Defender yang belakangan kinerjanya meningkat atau juga bisa menggunakan antivirus yang lain. Hal terpenting adalah antivirus tersebut harus selalu update.

Perhatikan Suhu Hard Disk

Jaga hard disk supaya suhunya tetap stabil dan tidak mengalami panas berlebih. Anda dapat memonitori suhu PC menggunakan program semacam PC Wizard atau HDD Temperature. Untuk menjaga suhu hard disk dan suhu prosesor pada laptop tetap stabil, gunakan cooling pad.

Jangan menyimpan banyak data

Sebaiknya Anda diharuskan untuk tidak menyimpan data terlalu banyak atau jangan sampai bar penyimpanan hard disk berwarna merah. Dikarenakan, dengan banyak menyimpan data di hard disk akan membuat hard disk bekerja secara ekstra.

Harddisk atau HDD memang perlu melakukan perawatan yang extra karena komponen ini sangat mudah sekali rusak jika kita tidak merawatnya, berbeda dengan Komponen Hardware lainnya.

Semoga pada pembahasan diatas tadi bermanfaat bagi pembacanya dqan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.

Author

Write A Comment