Pengertian Lengkap Router Beserta Fungsinya

router

Pengertian Router bisa disebut Perute atau Penghala adalah sebuah perangkat jaringan yang berfungsi menganalisi paket data yang akan ditransmisikan ke dalam sebuah jaringan satu kejaringan lainnya dari sisi teknologi.

Konsep pertama router dibuat tepatnya pada tahun 1980 setelah melalui sebuah riset panjang yang diawali dari Department Pertahanan Amerika Serikat, dengan memiliki bentuk selayaknya komputer mini yang berguna untuk melakukan proses enkripsi.

Penghala ini dapat digunakan sebagai penghubung dari banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar “internetwork“, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan mempermudah manajemennya.

Perangkat ini juga merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, dimana proses tersebut disebut dengan routing.

Baca Juga : Flashdisk Tidak Terbaca ? Berikut Cara Mengatasinya.

Routing merupakan proses yang terjadi saat pengiriman pake data dari jaringan ke jarigan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan dari satck protokol 7 osi layer.

Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga bisa mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan dan juga memiliki fitur penapisan paket disebut dengan packet-filtering.

Jenis-Jenisnya

Berikut jenis-jenisnya yang berdasarkan mekanismenya, seperti:

  • Router statis

jenis ini merupakan perangkat yang di setting manual oleh administrator sehingga memiliki tabel routing statis

  • Router dinamis

Perangkat ini mempunyai dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan saling terhubung dengan yang lainnya.

  • Router Wireless

Perangkat ini dapat bekerja tanpa menggunakan kabel karena hanya mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.

Dan berikut jenis-jenisnya berdasarkan pengaplikasiannya, seperti :

  • Perute Aplikasi

Merupakan suatu aplikasi yang dapat diinstal oleh penggunanya pada sistem komputer sehingga dapat bekerja layaknya Perute. Beberapa aplikasi tersebut, seperti : Wingate, WinProxy, Winroute dan Spygate

  • Perute Hardware

Hardware berikut digunakan untuk :

  1. Membagi alamat IP (IP address)
  2. Membagi jaringan internet di suatu wilayah, misalnya router sebagai acces point dan wilayah yang mendapat IP address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.
  • Perute PC

Adalah komputer berspesifikasi tinggi yang dapat berfungsi sebagai router, Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu :

  1. Prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64.
  2. Terdapat LAN Card.
  3. Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

Fungsi

Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan 2 jaringan agar paket data terdistribusikan dari jaringan satu kejaringan lainnya. Adapub beberapa fungsinya, antara lain :

  • Berfungsi untuk menganalisis paket data yang masuk kedalamnya yang kemudian akan melewati skema penyeleksian dalam menentukan jalur paling optimal untuk mengirimkan data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya.
  • Berfungsi untuk mentransmisikan data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lainnya, dimana sistem kerjanya mirip seperti Bridge (jembatan jaringan).
  • Berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router.
  • Berfungsi untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar atau internetwork dengan membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya.

Cara Kerja

Caranya dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing, biasnya router bisa langsung mengetahui arah rute perjalanan tersebut yang akan dituju, apakah berada dijaringan yang sama atau bukan.

fungsi router
fungsi router

Router akan menghalangi paket keluar juga meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama hingga terkirim ke tujuannya, jika paket yang dituju adalah jaringan yang sama. Namun, jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka perangkat otomatis akan meneruskannya kepada jaringan tersebut.

Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan saran pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *