Pengertian Lengkap VGA Beserta Fungsi dan Jenisnya

video card

Pengertian VGA Card adalah singkatan dari “Video Graphics Accelerator” yang merupakan sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.

VGA Card berhubungan langsung dengan lampilan dilayar monitor. Perangkat ini memiliki struktur yang mirip dengan komputer kecil dan terdapat prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya.

Prosesor tersebut akan panas jika sudah teraliri listrik maka dibutuhkanlah heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai peredam dari panasnya prosesor. Hal ini bertujuan karen GPU jangan sampai overheat  karena memiliki suhu optimal kerja yang sesuai.

VGA dan Heatsink
VGA dan Heatsink

Awalnya, Perangkat ini bermula sebagai standar tampilan komputer analog yang pertama kali dipasarkan IBM sekitarn tahun 1987. Namun, saat ini standar VGA tidak lagi digunakan karena sudah diganti dengan standar yang lebih baru, namun VGA masuh diterapkan di Pocket pada PC.

VGA Card pada umumnya telah terintegrasi atau tertanam pada motherboard atau CPU pada komputer. VGA Card yang tertanam dimotherboard disebut “on-board video” bagi yang tertanam pada CPU disebut “accelerated processing unit (APUs)”.

Istilah dari VGA juga sangat sering kali digunakan untuk bisa mengacu pada sebuah resolusi layar yang berukuran sekitar 640 x 480.  Pada proses desain grafis sendiri memang diperlukan oleh grafis yang berdaya lebih tinggi.

VGA sendiri mengacu pada konektor dari VGA 15 pin yang masih dapat digunakan dengan lebih luas bisa mengantarkan sinyal dari video analog ke bagian monitor. Standart VGA sudah secara resmi digantikan dengan standart XGA yang berasal dari IBM yang diganti dengan Super VGA.

Fungsi

Perangkat ini berfungsi untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. VGA Card berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor seperti untuk menggambar, desain grafis atau bermain game.

Seperti mengolah informasi grafis pada komputer seperti merender grafis 2D maupun 3D, decoding MPEG-2/MPEG4. Perangkat ini saling terhubung dengan CPU (central processing unit), sehingga mampu mengambil data kemudian memprosesnya sehingga dapat tampil di layar monitor.

Baca Juga : Intel Luncurkan Prosesor AI Pertama Bernama SpringHill.

Bagian-bagian VGA Card

VGA Card
VGA Card
  • Graphics Processing Unit

Merupakan sebuah sirkuit yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat dan memodifikasi memori untuk mempercepat pembuatan gambar pada frame buffer.

  • Heat Sink

Biasanya heat sink juga dilengkapi dengan sebuah kipas yang membantu untuk mengeluarkan udara panas yang ada pada VGA card.

  • Memory

Memory adalah tempat dimana semua tekstur dan informasi grafis disimpan. GPU mengambil data dari memori kemudian memprosesnya lalu disimpan kembali di memori untuk kemudian disalurkan ke RAMDAC sehingga dapat tampil dilayar monitor anda.

RAMDAC adalah singkatan dari “Random Access Memory Digital to Analog Converter” yang berperan mengontrol gambar digital yang kemudian dikonversikan menjadi signal analog sehingga gambar tersebut dapat tampil di monitor.

Jenis-Jenis VGA

  • VGA Card ISA

Merupakan jenis VGA Card lama yang pemasangan slotnya pada ekspandi ISA (Industry Standart Architecture) bus pada komputer yang menggunakan sistem 8 biat atau 16 bit. Jenis ini sudah tidak digunakan lagi karena memiliki kecepatan yang lambat.

  • VGA Card EISA

Jenis kartu VGA yang sering dipasangkan pada slot ekspansi EISA yang ada pada bus dengan sistem I/O 32 bit.

  • Kartu VGA PCI

Slot jenis ini dirancang agar GPU dapat lansung mengambil data dari memory tanpa harus menggunakan CPU. PCI mampu menghantarkan data hingga 132 megabytes per detik

  • Kartu VGA AGP

Merupakan jenis VGA card yang dipasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit atau 256 bit dan hanya dipasangkan jika motherboard sudah ada slot AGP sehingga akan maksimal dalam menngkatkan transfer data  grafis dari CPU ke monitor.

  • VGA Card PCIe

Jenis dari kartu VGA yang mana ketikan dimasukan slot ekspansi PCI ekspress bus yang memiliki rangkai sistem I/O nya dengan kecapatan transfer yang benar cepat hinga mencapai 32 GB/s.

Baca Juga : Hati-Hati Komputer bisa diretas Melalui Notepad

Semoga pembahasan tentang VGA Card diatas dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *