Pengertian Tentang UI dan UX

ui ux

User Interface dan User Experience atau dikenal dengan singkatan UI dan UX merupakan sebuah istilah yang saat ini sering muncul dalam dunia digital marketing. Dalam dunia digital marketing saat ini penting bagi anda untuk mengetahui strategi bisnis yang harus anda lakukan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan apa perbedaan mendasar dari UI (user interface) dan UX (user experience). Mohon simak penjelasan berikut.

User Interface (UI)

user interface
user interface

UI atau User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, ataupun software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna terhadap program yang tengah dikembangkan. Cakupan UI itu meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, hingga pola komunikasi suatu program dengan penggunanya.

UI adalah desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan web ecommerce yang kita miliki lebih enak dipandang mata dan membuat pengujung betah berlama-lama.

Baca Juga : Mad Box, Konsol Baru Pesaing Xbox dan PlayStation

UI lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.

Biasanya, seorang desainer UI akan membuat sebuah desain yang sekiranya dapat memudahkan pengguna programnya. Adapun, desain itu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar pengguna terhadap program aplikasi web ataupun mobile tersebut. Output dari hasil desainer UI ialah program dengan segala fitur yang kiranya sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menggunakan program tersebut.

Mudahnya, UI Design seperti bagaimana suatu website atau aplikasi yang anda buat terlihat seperti apa. Orang biasa menyebutnya sebagai tampilan atau desain sebuah website. Kamu bisa mendapatkan inspirasi desain dari behance.com, dribbble.com atau webdesignserved.com.

Untuk tujuannya, UI memiliki tujuan untuk menampilkan desain interface dengan keberagaman dan konsistensi yang baik meliputi, font, warna, gambar, serta bentuk visual lainnya yang menarik.

Jadi, User Interface Design bertanggung jawab atas pemindahan kekuatan merek dan aset visual ke interface produk agar lebih meningkatkan pengalaman pengguna.

User Experience (UX)

user experience
user experience

UX atau User Experience memang tidak terlalu jauh berbeda dengan UI. Perbedaannya terletak pada fokus utama hubungan komunikasi antara pengguna dengan programnya, yakni berfokus pada pengalaman penggunanya.

Sebenarnya, keduanya memiliki tujuan yang sama dalam mendesain program aplikasi web ataupun mobile, yakni memudahkan penggunannya. Oleh sebab itu, seringkali dalam proses perancangan sebuah program, desainer UI dan UX selalu berada dalam satu tim.

Baca Juga : Minecraft Earth Game AR Buatan Microsoft

UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. UX inilah yang berfungsi untuk membuat website ecommerce anda menajdi lebih mudah dan tidak membingungkan pengguna.

UX dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya.

User Experience Design adalah proses pengembangan dan peningkatan interaksi kualitas antara pengguna dan semua aspek perusahaan. UX juga bertanggung jawab atas proses penelitian, pengujian, pengembangan, konten, dan prototyping untuk menguji hasil kualitas.

Jadi, Segala sesuatu yang memudahkan bagi pengguna harus bisa ditangkap oleh seorang UX Designer agar pengguna semakin nyaman ketika menjelajahi konten yang disajikan, sehingga tujuan dari bisnis Anda dapat tercapai.

Selain itu, ada informasi tentang Sestyc, Media Sosial Buatan Anak Bangsa, Bagaimana menurut kalian tentang Console game yang satu ini? keren? kalian bisa memberikan komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *