Pengertian Vektor dan Bitmap Beserta Kelebihannya

vecbit

Pengertian dasar antara Vektor dan Bitmap wajib diketahui oleh para seniman desain grafis agar tidak salah ketika menggunakannya. Vektor dan Bitmap tentunya memiliki perbedaannya masing-masing, dan berikut penjelasannya.

Pengertian Gambar Bitmap

Bitmap atau disebut juga “raster” merupakan gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah obyek. Cara mengetahui detail dari titik-titik yang menyusun foto adalah dengan memperbesar foto.

Baca Juga : 5 Monitor Untuk para Desain Grafis dan Editor

Jenis Gambar Bitmap

  • Line-art

Merupakan gambar yang hanya terdiri dari dua warna, biasanya hitam dan putih. Biasanya jenis ini dijadikan bitmap karena komputer hanya menggunakan 1 bit (warna hitam yang membentuk obyek, warna putih sebagai latar) untuk mendefinisikan masing-masing pixel-nya.

  • Grayscale Images

Yang terdiri dari bermacam warna abu-abu dalam menghasilkan warna hitam dan putih.

  • Multitones

Terdiri dari dua warna atau lebih. Multitones yang biasa digunakan adalah duotones, yang biasanya terdiri dari paduan warna hitam dengan warna khusus (Pantone colour). Warna yang digunakan biasanya merupakan paduan dari warna hitam dengan Pantone Warm Red.

  • Full Colour Images

Memiliki warna yang tampak realistis. Informasi warna dijelaskan menggunakan jenis-jenis standar warna seperti RGB, CMYK atau Lab.

Karakteristik Data Bitmap

Gambar yang menggunakan data bitmap akan menghasilkan bobot file yang besar dan dengan menggunakan kompresi dapat memperkecil bobot sebuah file. Perbesaran dimensi merupakan salah satu kekurangan jenis bitmap.

Bitmap cukup simpel untuk pencetakan selama printer yang digunakan memiliki memory yang cukup.

Format File Bitmap

  • BMP; format file yang terbatas, tidak cocok digunakan untuk cetak
  • EPS; format file yang fleksibel, yang dapat berisi gambar bitmap maupun vektor
  • GIF; biasanya digunakan untuk grafis-grafis di internet
  • JPEG; atau juga format file JFIF, biasa digunakan sebagai grafik atau gambar di internet karena memiliki tingkat ketajaman yang dapat mempengaruhi bobot file
  • PICT; format file yang dapat berisi bitmap maupun vektor, tetapi biasanya file ini hanya digunakan oleh komputer Macintosh dan tidak terlalu cocok untuk cetak
  • TIFF; merupakan format file bitmap yang paling populer untuk cetak.

Baca Juga : Aplikasi Video Call Hemat Kuota Terbaik

vektor dan bimap
vektor dan bimap

Pengertian Dasar Vektor

Vektor merupakan gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu. Ciri-ciri yang paling menonjol dari format vector adalah ketika Anda memperbesar sebuah grafis sampai mentok, tetap tidak akan pecah dan tetap tajam.

Gambar vektor juga merupakan sebuah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut sebagai vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek.

Karakteristik Gambar Vektor

Gambar vektor memiliki bobot file yang cukup kecil karena berisi data mengenai bezier curves yang membentuk sebuah gambar. Bobot file dari penampilan biasanya lebih besar dari data bezier-nya sendiri.

Dimensi vektor biasanya hanya bisa diubah tanpa mengurangi kualitas gambarnya itu sendiri. Perlu diperhatikan, tidak semua vektor dapat diubah skalanya sesuka Anda .

Format File Data Vektor

  • EPS; format file yang paling populer untuk menyimpan gambar vektor walaupun format EPS juga dapat berisi data bitmap.
  • PDF; format file yang cukup serbaguna, yang dapat berisi data apa saja termasuk halaman-halaman lengkap
  • PICT; format file yang dapat berisi data bitmap maupun vektor, tetapi biasanya hanya dapat digunakan oleh komputer macintosh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *