Penjelasan Lengkap Affiliate Marketing

affiliate marketing

Affiliate Marketing adalah sebuah model bisnis yang menarik bagi banyak orang yang baru terjun di bidang internet marketing dan bisnis online.

Dalam dunia bisnis pemasaran adalah poin yang paling penting. Tanpa adanya marketing yang berjalan dengan baik, maka produk anda tidak akan dikenal luas dan kecil kemungkinan produk anda akan terjual.

Lewat pemasaran masyarakat akan mengenali produk Anda, besar kemungkinan jika pemasarannya dilakukan secara gencar, maka akan besar kemungkinan orang tertarik dan membeli produk Anda.

Pada prinsip kerja affiliate ini adalah penjualan berbasis komisi, contoh sederhananya adalah ketika Anda berhasil menjual produk atau barang atau jasa, maka otomatis Anda mendapatkan uang atau komisi dari penjualan produk tersebut.

Jika Anda ingin menjadi affiliate marketer, maka Anda harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi dan Anda akan mendapat sebuah link Afiliasi. Kemudian anda akan mempromosikan Link tersebut dan jika ada yang melakukan klik melalui link Anda lalu melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Untuk bayaran tentunya bervariasi, tergantu dari apa yang dijual. Affiliate marketing salah satu model bisnis yang bisa mendatangkan penghasilan pasif, dan relatif mudah bagi pemula walaupun tidak memiliki website sendiri.

Affiliate Marketing
Affiliate Marketing

Tugas utama dari seorang affiliate marketing adalah mengirim pengunjung atau visitor sebanyak-banyaknya ke website produk yang dipromosikan. Jika pembeli berhasil melakukan transaksi pembelian, pihak perusahaan pembuat produk akan mengetahui bahwa visitor yang membeli produk datang dari Anda sehingga pada saat itu pihak perusahaan yang produknya dipromosikan akan memberi komisi kepada Anda.

Baca Juga : Toko Online Bisa Dibuat dengan 3 Aplikasi ini

Dalam bisnis affiliate ada istilah-istilah tertentu yang harus diketahui.

  • Affiliate merchant

Merchant adalah orang atau sebuah perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang akan mereka pasarkan melalui internet.

  • Affiliate marketer

Ada juga sebutan lainnya dari kata ini adalah “associates” atau program partners”. Marketers adalah orang yang tidak mempunyai produk atau jasa untuk mereka jual.

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki program affiliate. Dari nama besar seperti : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya.

Affiliate Marketing ini tentunya memiliki beberapa kelebihan, Antara lain:

  • Tidak Ada Biaya Produksi
  • Modal Awal yang Terjangkau
  • Tidak Perlu ada Stok Barang
  • Bekerja dimana saja

    Dan juga memiliki beberapa kekurangan, Antara lain:
  • Income Bergantung pada Pihak Lain

Saat menjadi seorang affiliate marketer, Anda mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Biasanya ada proses registrasi dimana Anda pada prinsipnya harus setuju dengan aturan main  yang ditentukan.

  • Anda Tidak Membangun Sebuah Aset

Sebagai affiliate marketer yang hanya broker traffic (menyuplai traffic ke merchant) Anda tidak memiliki database customer yang bisa Anda gunakan untuk pengembangan bisnis Anda (kecuali Anda melakukan strategi List Building).

  • Persaingan dengan Affiliate Marketer Lain

Saat terjun ke affiliate marketing adalah Anda harus menghadapi persaingan dari affiliate marketer lain yang juga menjual atau mempromosikan produk/jasa yang sama.

Ketika Kata kuncinya adalah menjual produk yang sama. Sehingga relatif tidak ada bedanya dengan Marketer lainnya. Agak berbeda situasinya, jika menjadi Product Owner dimana Anda bisa membuat differensiasi atau perbedaan dengan produk pesaing.

affiliate marketing diagram
affiliate marketing diagram

Pada dasaranya Affiliate Marketing adalah model bisnis yang sudah dijalankan sejak dulu, hanya saja namanya yang sekarang nampak canggih, padahal dari dulu aktifitas bisnis seperti ini sudah ada yaitu bisnis makelar atau perantara.

Bedanya hanya affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online.

Selain itu, ada juga informasi tentang Peringatan untuk pengguna Windows 7. Bagaimana menurut kalian ? kalian bisa memberikan komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *