Pengertian BUG

Bug secara umum dapat diartikan sebagai serangga. Namun, dalam istilah pemrograman, Bug merupakan error yang terjadi pada setiap source code sehingga dapat mengakibatkan output menjadi tidak sesuai dengan apa yang direncanakan.

Bug terjadi pada kesalahan yang disebabkan oleh perangkat lunak ataupun perangkat keras sehingga mengakibatkan komputer tidak berjalan dengan semestinya. Istilah ini sudah lama digunakan oleh para ilmuwan dan tukang reparasi jauh sebelum era komputer.

Biasanya Bug terjadi diakibatkan oleh kesalahan dalam penulisan kode program oleh pemrograman. Pada setiap proses pencarian dalam pencarian sebuah Bug disebut sebagai Debugging.

Banyak sekali kejadian yang merugikan akibat bug, salah satunya pada tahun 1996, roket seharga 1 miliyar dollar bernama Ariane 5 hancur beberapa detik setelah peluncuran akibat bug yang ada pada program kendali on-board komputer di roket tersebut.

Karakteristik

Gejala dan penyebab secara geografis, dimana gejala Source Code ini dapat muncul di suatu bagian dari suatu program, sementara penyebab dapat ditempatkan pada suatu sisi yang terlepas jauh.

Simpton dapat disebabkan oleh kesalahan manusia yang tidak dapat dengan mudah ditemukan pada suatu pemrograman. Gejala dapat sebentar-sebentar. Hal ini sangat umum pada system yang embedded yang merangkai perangkat lunak dan perangkat keras yang tidak mungkin dilepaskan.

Gejala dapat berhubungan dengan penyebab yang didistribusikan melewati sejumlah tugas yang bekerja pada prosesor yang berbeda.

Pengertian Bug
Pengertian Bug

Sejarah

Namun sebenarnya istilah bug pada komputer diawali dengan kisah unik, Pada tanggal 9 September 1945, salah seorang tim dari Universitas Hardvard memandang pada Panel F dan menemukan sesuatu yang tidak biasa antara titik di relay 70. Ternyata itu adalah ngengat sebuah serangga kecil.

Kemudian mereka segera mengambil dan menyimpan kedalam buku catatannya. Grace Hopper memberikan catatan pada buku tersebut dengan judul “first actual case of bug being found” dan itulah yang menjadi awalan istilah Bug digunakan untuk menggambarkan kesalahan pada komputer.

Grace Hopper merupakan pencipta Compiler untuk pertama kali. Compiler tersebut dipakai untuk mesin UNIVAC. UNIVAC adalah kependekan dari Universal Automatic Computer yang sudah beberapa kali mengeluarkan beberapa versi, mulai dari UNIVAC II sampai dengan UNIVAC 1108.

Pada tahun 1959 Grace juga mengembangkan suatu bahasa pemrograman yang cukup penomenal bersama pemerintah AS, yaitu bernama COBOL (Common Bussiness-Oriented Language) yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. COBOL banyak menghasilkan program finance dan sistem administrasi untuk perusahaan dan pemerintahan.

Baca Juga : 3 Bahasa Pemrograman Pembuat Aplikasi Android

Pencegahan

Bug timbul dari kelalaian dan kesalahpahaman yang dilakukan oleh tim software selama spesifikasi, desain, koding, entri data dan dokumentasi. Industri perangkat lunak telah menempatkan banyak usaha dalam menemukan metode untuk mencegah programmer yang secara tidak sengaja mengalami masalah bug pada saat menulis perangkat lunak tersebut.

Sekian pada pembahasan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya sehingga menemukan solusi dari artikel diatas. Dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini, terimakasih.

Author

Write A Comment