Penjelasan Phising Lengkap Dan Cara Mencegahnya

Phishing

Penjelasan kali ini akan membahas tentang penipuan yang cukup meresahkan banyak orang karena ini akan berdampak pada beberapa hal termasuk kerugian yang mendasar. Salah satu metode penipuan yang cukup meresahkan adalah Phising.

Pada dasarnya, Phising adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target guna untuk mencuri akun target. Istilah ini berasal dari kata “fishing” = “memancing” korban untuk terperangkap dijebakannya.

Hacker akan mencuri informasi penting dengan mengambil alih akun korban dengan tujuan tertentu. Hal ini bisa saja dengan maksud mencari celah untuk beberapa akun yang terhubung dengan akun yang telah didapat.

sketsa melakukan Fishing
sketsa melakukan Fishing

Biasanya mereka akan membuat sebuah situs web atau perusahaan semirip mungkin dan terlihat sangat asli yang akan dijadikan langganan si korban, jika korban masuk situs tersebut maka lenyaplah informasi yang dimilikinya.

Sebelum melakukan hal tersebut biasanya hacker akan mempelajari beberapa bahasa pemrograman yang berguna untuk tujuan tersebut. Berikut adalah bahasa pemrograman yang harus dipelajari.

Penipuan ini banyak memakan korban di social media, dikarenakan social media merupakan akun harian yang sering digunakan, dimana tanpa sadar pengguna memasuki halaman jebakan yang menyebabkan pengguna bisa saja terjebak karena halaman palsu tersebut.

Terdapat beberapa tipe phising yang kerap dilakukan oleh para pelaku kejahatan di dunia maya. Namun, tipe phising yang kerap digunakan dan populer ada dua tipe, berikut penjelasan nya.

  • Clone Phising

Pada tipe ini serangan dilakukan dengan melalui surat elektronik yang terlihat resmi dan mengandung attachment di dalamnya. kemudian digunakan untuk mengambil data dari si korban.

  • Spear Phising

Tingkat keberhasilan mencuri data pada jenis ini cenderung lebih tinggi karena si pelaku memiliki target yang lebih spesifik. Mereka akan mencari dan mengenali data dari targetnya terlebih dahulu sehingga si korban tidak akan curiga bahwa dirinya sedang diserang.

Semua data internet yang bisa di phising
Semua data internet yang bisa di phising

Sebuah Lembaga Anti-Virus bernama Kapersky memberitahu tips untuk mencegah kejadian hal tersebut :

  • Untuk situs social media, buatlah bookmark untuk halaman login atau mengetik URL facebook.com secara langsung di browser address bar.
  • Jangan mengklik link pada pesan e-mail yang terlihat mencurigakan.
  • Hanya mengetik data rahasia pada website yang aman.
  • Mengecek akun bank Anda secara regular dan melaporkan apapun yang mencurigakan kepada bank
  • Kenali tanda GiveAway yang ada dalam e-mail phising:
  • Jika hal itu tidak ditujukan secara personal kepada Anda.
  • Jika anda bukan satu-satunya penerima e-mail.
  • Jika terdapat kesalahan ejaan, tata Bahasa atau sintaks yang buru kata kekakuan lainnya dalam penggunaan Bahasa. Biasanya ini dilakukan penyebar phising untuk mencegah filtering.
  • Menginstall software untuk keamanan internet dan tetap meng-update antivirus.
  • Menginstall patch
  • Waspada terhadap e-mail dan pesan instan yang tidak diminta.
  • Berhati-hati ketika login yang meminta hak Administrator. Cermati alamat URL-nya yang ada di addess bar.
  • Backup data Anda.

Baca Juga : Media Player Terbaik Untuk MAC OS X.

Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati dan lebih bijak lagi menggunakan internet dan jangan tergiur oleh sesuatu yang sekiranya menarik tetapi mencurigakan.

Karena, hacker akan membuat seakan-akan si target merasa tertarik pada suatu link yang menawarkan hal menarik yang dimana itu adalah suatu jebakan dari hacker tersebut.

Semoga pada penjelasan artikel diatas tadi bermanfaat bagi pembacanya dan semoga dapat membantu. Jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *