Penjelasan Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya

ram

Penjelasan kali ini adalah tentang RAM atau kepanjangan dari Random Access Memory yang merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.

Pada artikel sebelumnya kami juga memberikan sebuah penjelasan tentang media penyimpanan, namu berbentuk media awan yang sudah dirangkum pada artikel Cloud Penyimpan File Dokumen Paling Aman.

Mungkin ada pendapat apabila semakin besar ukuran RAM, maka semakin cepat pula kinerja dari perangkat yang kita beli, entah itu komputer, laptop maupun HP. KArena berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di komputer tersebut.

RAM memiliki kemampuan dalam mengakses data secara acak yang membuatnya lebih cepat menampilkan data. Perangkat ini biasa disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Untuk mengetahui seberapa besarnya kapasitas memori tersebut pada perangkat komputer, Anda bisa mengetahuinya dengan mengakses di Properties di My Computer, dengan Cara Start > klik kanan pada Computer > Properties.

Properties
Properties

RAM dari segi input area dapat diartikan sebagai media penyimpanan data input yang akan diolah. Namun, jika dari segi program area, dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan dipakai untuk memproses data.

Dari segi working area, diartikan sebagai media untuk menyimpan proses pengolahan data yang akan dikerjakan. Dan terakhir, bila di tinjau dari segi output area, merupakan sebuah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data.

Sehingga bisa diartikan bahwasanya RAM merupakan perangkat memori yang paling cepat dalam komputer bila dibandingkan dengan jenis perangkat memori lainnya, seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

JENIS-JENIS RAM

jenis jenis ram
jenis jenis ram

RAM dibagi beberapa jenis dan setiap jenis dibagi menjadi dua yaitu berbasis chip dan berbasis card, berikut penjelasan nya.

RAM (Dynamic RAM)

Merupakan jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh cpu agar data yang tersimpan tidak hilang.

SDRAM (Sychronous Dynamic RAM)

SDRAM memiliki slot memori sebanyak 168 pin, memiliki bentuk Dual Inline Memory Modul (DIMM) dan kecepatan diatas 100 MHz.

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)

Jenis pada memory ini merupakan teknologi terusan/kelanjutan dari SDRAM.

Baca Juga : Penjelasan Phising Lengkap Dan Cara Mencegahnya.

RDRAM (Rambus Dynamic Access Memory)

Merupakan jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4 (empat).

DDR RAM dual channel

Memori ini memerlukan sistem dual channel yang diharuskan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard.

SRAM ( Static Random Access Memory )

Memori ini tidak memerlukan penyegaran pada CPU supaya data yang terkandung di dalamnya tetap tersimpan dengan baik dan memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding RAM yang lainnya.

SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)

Slot pada SO-DIMM memiliki 204 pin dan memiliki ukuran yang kecil karena di fungsikan untuk menghemat ruang dan tempat pada Laptop ataupun notebook.

EDORAM ( Extended Data Out Random Access Memory )

Merupakan jenis memori yang digunakan pada sistem yang sudah menggunakan pentium. Memori ini dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan.

FUNGSI RAM

Memori ini memiliki fungsi nya yang akan kami beritahu pada penjelasan dibawah ini.

  • Sebagai Penyimpanan data sementara
  • Membaca data

Semoga artikel tentang RAM diatas tadi dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *