Perbedaan Antara HTTPS dan HTTP

http vs https

Ketika kita sedang membuka dibrowser sudah pasti ditemui HTTP maupun HTTPS yang selalu berdampingan dengan namanya URL. Tapi, tahukah apa itu arti dan kegunaan dari keduanya? jika ingin mengetahuinya silahkan baca penjelasan dbawah ini dengan seksama.

HTTP

Hypertext Transfer Protokol atau biasa disebut dengan HTTP merupakan sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Dimana penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung.

http
http

Http merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server. Dengan tautan yang disebut dengan dokumen hiperteks.

Dalam komunikasi ini, komputer client akan melakukan sebuah permintaan dengan mengetikkan alamat atau website yang Anda ingin mengakses. Sementara server memproses permintaan berdasarkan kode protokol makan.

Baca Juga : Penjelasan Tentang RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya.

Tapi, ketika menggunakan HTTP pada website Anda dikarenakan data yang dikirimkan dari browser menuju server tidak akan di enkripsi yang dimana pihak yang tidak bertanggung jawab akan menyalah-gunakannya.

Protokol ini disebut stateless karena setiap perintah dijalankan secara mandiri, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya, yang menjadi alasan utama bahwa sulit untuk menerapkan sebuah situs web yang bereaksi secara cerdas untuk input pengguna.

HTTP bisa disebut sebagai perangkat aturan untuk mentransfer file (teks, gambar, suara, video, dan semua file multimedia lainya) di World Wide Web. Setelah pengguna web membuka browser web mereka, secara tidak langsung mereka menggunakan HTTP.

HTTPS

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang merupakan versi lebih aman dari HTTP karena terdapat kata secure. Protokol ini dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation pada tahun 1993 silam.

HTTPS
HTTPS

Protokol ini menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security(TLS) sebagai sublayer dibawah HTTP aplikasi layer yang biasa. Protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks.

Perbedaan dengan HTTP akan terlihat ketika Anda mengakses situs HTTP, kebanyakan website yang menggunakan HTTPS akan otomatis melakukan redirect ke HTTPS ketika diakses melalui HTTP://.

Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual. Oleh karena itu, menggunakan URL yang diawali dengan “https://”

HTTPS menggunakan TCP (Transmission Control Protocol) yang dimana ketika akan mengirim dan menerima sebuah data melalui port 443 dengan koneksi yang dienkripsi oleh SSL/TLS (Transport Layer Security).

Baca Juga : Flashdisk Tidak Terbaca ? Berikut Cara Mengatasinya

Protokol jaringan ini menjamin keamanan di server Authentication peramban yaitu memungkinkan pengguna memiliki keyakinan bahwa mereka sedang berbicara secara langsung dengan server dan juga mampu menjaga kerahasiaan data dan integritas data.

Ketika ingin mempersiapkan web-server untuk koneksi https maka penerima harus sebagai administrator dan membuat sertifikat kunci publik untuk server web. Sertifikat ini dapat dibuat untuk server berbasis Linux dengan alat seperti Open SSL yang ssl atau gensslcert SuSE.

Bila ingin menggunakan koneksi https, server merespon koneksi awal dengan menawarkan daftar metode enkripsi mendukung. Pada host koneksi https, server harus memiliki sertifikat kunci publik, yang embeds informasi kunci dengan verifikasi identitas pemilik kunci tersebut.

Keuntungan menggunakan HTTPS adalah kerita ingin mengakses sebuah web-server maka halaman yang dikirimkan akan dienksripsi dahulu oleh protokol ini. Semua data data atau informasi yang sudah dikirimkan ke server akan dienksripsi juga sehingga tidak ada yang bisa mencuri data anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *