Perbedaan JPG dan PNG Dengan Penjelasannya

Perbedaan pada JPG dan PNG tentunya tidak semua orang mengetahuinya, terlebih orang awam. Namun, apakah kalian ingin mengetahui perbedaan kedua format gambar tersebut ? Jika iya, makan akan dibahas pada artikel berikut ini.

Sebelum lanjut, bagi para editor gambar perdalam ilmu desain kalian dengan mengetahui Pengertian Vektor dan Bitmap Beserta Kelebihannya.

Anda harus ketahui bahwa JPG dan PNG memiliki perbedaan pada jenis kompresi, seperti :

  • JPG menggunakan metode kompresĀ lossy
  • PNG menggunakan metode kompresĀ lossless

JPG

jpg
jpg

JPG merupakan singkatan dari Joint Photographic Experts Group. format gambar ini memiliki tingkat kompresi yang terbilang tinggi walau hanya menggunakan warna true colour (24 bit). Sehingga akan menghasilkan gambar yang sangat jernih dan akurat

Format gambar ini sudah dikembangkan sejak lama, sebagai format file yang mendukung optimalisasi size gambar secara otomatis dengan cara mengurangi bagian-bagian tertentu pada foto, namun tetap mengedepankan kualitas (Lossy).

JPG sudah dikembangkan sejak lama, tepatnya pada tahun 1986. Format ini dapat digunakan di hampir semua sistem operasi, seperti Windows, Mac, Linux, dan sebagainya. Format JPG sendiri biasanya digunakan untuk foto bergaya fotografi, yang kebanyakan memiliki size gambar yang besar.

JPG juga mendukung fitur yang bernama EXIF (Exchangeable Image File) yang memungkinkan untuk menyimpan informasi pada sebuah foto. Fitur ini sanagt bermanfaat karena informasi tentang foto bisa menjadi referensi mereka, entah itu untuk memotret atau untuk memilih perangkat kamera.

File berformat JPG sangat direkomendasikan untuk menyimpan gambar yang memiliki banyak warna misal foto wajah dan pemandangan namun sebailknya tidak cocok untuk menyimpan gambar dengan sedikit warna misal kartun atau comik.

Perlu diketahui pula bahwa format ini mempunyai kekurangan yang bersifat permanen dan teknologi ini hanya digunakan untuk menyimpan data yang besar dimedia penyimpanan yang terbatas.

PNG

png
png

PNG merupakan singkatan dari Portable Network Graphics yang jenis gambarnya terdapat sebuah fitur kompres tanpa mengurangi kualitas sedikitpun (Istilahnya Lossless). oleh karena itu, PNG dapat mengimpan gambar dengan efek transparansi.

PNG menciptakan transparansi dengan warna tunggal didefinisikan sebagai transparan, dan yang lainnya adalah untuk mengatur alpha channel. Sehingga menjadikan pilihan yang terbaik untuk menyimpan gambar garis, teks, dan grafis ikon pada ukuran file yang kecil.

Para Ilustrator digital juga biasanya memakai format PNG untuk gambar-gambar jenis ilustrasi atau vector, dengan alasan line (Garis) yang dibuat tidak pecah. Karena, Transparency PNG sangatlah membantu untuk mengedit serta menggabungkan banyak foto sekaligus.

PNG mendukung kelas 8-bit dan 24-bit sehingga membuat gambar tidak pecah-pecah dan dapat mengkompresi gambar dari proses fotoghrapi tanpa mengurangi kualitas gambar. Serta, dapat mereproduksi gambar desktop dari tiap piksel ke piksel secara detil.

File berformat PNG mempunya kelebihan, seperti adanya warna transparan dan alpha. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening.

PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (kurang lebih 5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Tetapi terdapat satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format yaitu dukungan terhadap penyimpanan multi format untuk keperluan animasi.

File PNG dapat diatur jumlah warnanya hingga 64 bit (true color + alpha) sampai indexed color 1 bit. Sehingga format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan grafis.

Teruntuk pengguna Mac disarankan membaca artikel berikut mengenai , Edit Foto Di Mac Dengan 5 Software Terbaik Ini.

Semoga pada pembahasan diatas tadi dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan saran pada kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.

Leave a Reply