Peringatan untuk pengguna Windows 7

peringatan pengguna windows 7

Kini Microsoft secara resmi menggulirkan patch terbaru yang berisikan peringatan ke pengguna Windows 7, guna memperingatkan bahwa dukungan dan pembaruan keamanan untuk sistem operasi tersebut akan berakhir pada 14 Januari 2020. Waktu ini datang sekitar 10 tahun setelah Windows 7 debut pertama pada 2009, hampir setengah dekade lebih sebelum perilisan sistem operasi terbaru Microsoft Windows 10 diperkenalkan.

Dikutip laman TechCrunch, Jumat (22/3/2019) bagi para pelanggan enterprise pada Windows 7 memiliki opsi membyar untuk ekstensi pembaruan kemanan hingga 2023. Termasuk Windows XP. Windows XP tergolong sebagai sistem operasi lawas. Nyatanya, hingga kini masih banyak pengguna yang masih menggunakan sistem operasi lawas tersebut.

windows xp
windows xp

Diketahui bahwa ada risiko keamanan yang mengintai bagi para pengguna sistem operasi lawas tersebut, seperti risiko eksploitasi celah keamanan Windows, seperti kasus WannaCry pada 2017 lalu. Mengingat risiko keamanan, baru-baru ini Microsoft memberi peringatan kepada pengguna OS Windows lawas, untuk melakukan pembaruan sistem keamanan. Peringatan tersebut diberikan agar para pengguna terhindar dari potensi serangan virus dan malware yang semakin meluas.

Bagi kalian yang ingin melihat bagaimana Teknologi yang pertama pada waktu itu bisa kalian baca 6 Teknologi yang sudah ada Sejak Dahulu.

Microsoft mengatakan telah menambal celah keamanan pada layanan Remote Desktop yang ada di Windows XP, Windows 7, dan beberapa seri Windows Server.

Langkah Microsoft ini adalah bagian dari berkelanjutan perusahaan untuk menggiring pengguna ke software terbarunya yakni Windows 10. Sebagai langkah awal Microsoft sempat menawarkan pengguna Windows 7 untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Menurut Net Applications, nyatanya sampai saat ini Windows 7 masih menjadi sistem operasi yang menguasai sekitar 40 persen pasar desktop. 

Selain itu jika Laptop kalian merasa lambat saat membuat software apapun itu kalian bisa menggunakan 10 cara meningkatkan kinerja laptop.

Seperti tahun 2017, Microsoft merilis patch keamanan langka untuk Windows XP yang sudah pensiun tiga tahun sebelumnya untuk mencegah penyebaran WannaCry. 

Tak cuma Microsoft yang memperingatkan pengguna untuk tak lagi menggunakan Windows lawas, ternyata Google juga memberi perhatian tersebut pada pengguna.

Pihak Google pun menyebut jika bug keamanan yang ada di Chrome sebenarnya sudah diatasi dengan merilis patch bersama update beberapa waktu lalu. Namun, celah keamanan di Windows 7 belum dapat diatasi.

“Ini merupakan celah keamanan yang serius di Windows dan kami tahu sedang dieksploitasi secara aktif dalam serangan tertarget”

tutur tim peneliti keamanan Google dalam catatannya kepada perusahaan.

Microsoft menyebut celah keamanan ini terletak di driver kernel Windows win32k.sys. Sementara celah keamanan tersebut tidak ada pada Windows 10, karena sistem operasi itu sudah dilengkapi dengan mitigasi tambahan sehingga dapat memblokir aksi penyerangan dari bug semacam ini.

Tim peneliti keamanan Google sendiri sudah melaporkan celah keamanan ini ke Microsoft. Perusahaan yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat itu juga menyatakan bahwa  kini sedang mengerjakan solusi untuk masalah tersebut.

pengguna windows 10
pengguna windows 10

Kabarnya untuk pengguna Windows 8 dan Windows 10, Microsoft mengatakan bahwa sistem operasi ini lebih aman dari serangan malware seperti WannaCry.

Melalui unggahan terbaru dari Microsoft, Microsoft menyatakan bahwa Windows 7 merupakan sebuah platform lawas dengan sejumlah keterbatasan, baik dari sisi dukungan keamanan maupun hardware. Terlebih, dalam waktu dekat seluruh dukungan untuk sistem operasi itu juga akan diberhentikan.

windows 7
windows 7

“Saat ini Windows 7 tak lagi memenuhi kebutuhan teknologi modern, termasuk untuk kebutuhan perangkat dengan keamanan tinggi”

tutur Markus Nitschke, Head of Windows Microsoft Germany seperti dikutip dari Forbes, tepatnya Minggu (22/1/2017).

Sejumlah perusahaan manufaktur juga telah memberhentikan beberapa pembaruan dukungan driver untuk Windows 7. Pihak Microsoft pun telah mengumumkan batas terakhir dukungan untuk sistem operasi tersebut adalah Januari 2020.

Dalam sebuah kesempatan Chief Marketing Officer Microsoft Chris Capossela mengakui jika ini menjadi salah satu cara perusahaan untuk mendorong pertumbuhan yang terbilang agresif. Microsoft sedang mengajak penggunanya untuk menggunakan Windows 10.

Hal itupun kini mendapatkan kritik dari para pengguna Microsoft, Karena seperi memaksa para penggunanya untuk berpindah dari Windows 7 atau Xp menjadi Windows 10. Belum lagi ukuran file nya yang terbilang sangat besar. Walaupun, Microsoft kini menemukan solusi berupa membuat file unduhan update Windows dengan ukuran lebih kecil untuk pembaruan yang lebih ringkas. Semoga ada pemberitahuan terbaru terkait hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *