ProsesorĀ Snapdragon 865 diklaim mampu mengalahkan Apple A13 yang saat ini disebut sebagai salah satu processor terbaik didunia hingga kini, namun pada akhirnya akan digeser oleh pendatang baru yang bernama Snapdragon 865.

bagi yang belum mengetahui apa itu processor sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya dengan judul Pengertian Lengkap Prosesor dan Jenis-Jenisnya.

Hingga kini mulai banyaknya para produsen perangkat keras mulai berbondong-bondong bersaing untuk mengembangkan chipset buatannya guna menciptakan prosesor canggih dengan performa yang mumpuni. Salah satunya produsen terbesar, Qualcomm.

Qualcomm pada akhirnya kembali merilis chipset terbarunya bernama Snapdragon 865, yang diklaim mampu mengalahkan prosesor besutan Apple A13. Namun apa saja keunggulan dari Snapdragon 865 yang sehingga mampu mengalahkan Apple A13 yang dicap sebagai prosesor terbaik didunia kini ?

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Processor besutan Qualcomm Snapdragon 865.

Menggunakan Teknologi Samsung EUV

Qualcomm bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknologi ternama, Samsung untuk menciptakan chipset canggih terbarunya ini. Dengan memanfaatkan teknologi fabrikasi dari Samsung, yakni Extreme Ultraviolet (EUV) dengan fabrikasi 7 nm.

Teknologi ini memiliki kemampuan untuk mendesain silikon yang kompleks menggunakan proses fabrikasi yang lebih kecil. Sehingga Chipset terbaru ini dapat mengalami peningkatan kinerja 20 hingga 30 persen dan untuk konsumsi daya bakal meningkat antara 30 hingga 50 persen.

Menggunakan Arsitektur CPU Generasi Terbaru

Processor tersebut juga akan menggunakan arsitektur CPU generasi terbaru dari ARM yang bernama, Cortex A77 guna memaksimalkan kinerjanya. Sehingga performa yang didapatkan akan memuaskan.

Cortex A77 telah diserta dengan kartu grafis Mali G77 yang memiliki efisiensi energi lebih baik serta didukung kemampuan khusus untuk machine learning.

Mendukung HDR10+

Snapdragon 865 ini juga bakal mendukung standar HDR10+ yang merupakan sebuah teknologi yang dapat menghasilkan gambar dengan yang lebih realistis, detail, dan cerah. Sehingga akan memaksimalkan hasil foto dari smartphone yang memiliki kamera 64MP atau bahkan lebih.

Jadi kalian para Fotografer yang suka dalam memotret Snapdragon 865 jadi pilihan yang pas untuk kalian.

Mendukung untuk Memaksimalkan Teknologi 5G

Agar semakin mendukung dan memaksimalkan kehadiran teknologi 5G, chipset besutan Qualcomm ini juga bakal terintegrasi dengan modem 5G.

Baca Juga : Pengertian Lengkap VGA Beserta Fungsi dan Jenisnya

Belum lama ini Android Authority melakukan sebuah pengujian Benchmark chipset Snapdragon 865 dan chipset Apple A13 Bionic, dengan menggunakan aplikasi Speed Test GX 2.0 dan AnTuTu 8 dan hasilnya pun mengejutkan.

Snapdragon 865 vs Apple a13
Snapdragon 865 vs Apple a13

Pada hasilnya tersebut, Snapdragon 865 meraih poin sebesar 36.6 poin, sedangkan Apple A13 memperoleh poin sebesar 40. Dimana semakin kecil angka yang ditampilkan, maka semakin baik pula performa sebuah chipset tersebut, pengujian ini dilakukan untuk membandingkan performa mana yang terbaik.

Sedangkan pada pengujian yang menggunakan AnTuTu Benchmark 8, pada Snapdragon 865 reference device nya menghasilkan 540.000, dan pada Apple A13 mendapatkan nilai pada reference device-nya sebesar 506.176, dengan menggunakan AnTuTu Benchmark pula.

snapdragon 865 vs Apple A13
snapdragon 865 vs Apple A13

Pada Geekbench 5 single-core, processor Snapdragon 865 mendapatkan nilai 932, Apple A13 dapat 1.333, dan Snapdragon 855 hanya 750. Lalu untuk Geekbench 5 multi-core, Snapdragon 865 mendapatkan 3.450 dan Apple A13 dapat 3.486, sedangkan Snapdragon 855 dapat 2.781 saja.

Namun, untuk skor pada geekbench 5 multi-core yang terfokus pada CPU menunjukkan bahwa cipset Apple A13 masih belum tertandingi, terutama pada single-core performa.

Tapi dibalik itu semua, Snapdragon buatan Qualcomm keluaran terbaru ini nyatanya mampu memperlihatkan perkembangan performa-nya lebih dari 20% dibandingkan pada generasi yang sebelumnya seperti yang dilihat pada hasil-hasil tersebut.

Perlu diketahui, Pengujian ini dilakukan menggunakan perangkat Qualcomm Reference Device (QRD) atau smartphone prototipe dengan Snapdragon 865. Terlebih ponsel yang digunakan untuk pengujian ini sejatinya bukannya ponsel komersil.

Biasanya memiliki kecepatan yang lebih lamban jika dibandingkan dengan ponsel bikinan vendor-vendor smartphone dengan menggunakan chipset yang sama.

Jadi menurut kalian lebih baik pilih mana ? Snapdragon 865 buatan Qualcomm atau Apple A13 ? semua processor memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masih, jadi kembali lagi kepada pengguna, dan jangan ragu untuk share kepada teman kalian untuk meminta pendapat yang mana processor yang terbaik, dan kalian juga bisa memberi saran/pendapat tentang processor ini di kolom komentar agar orang lain yang melihat ini juga lebih yakin untuk memilih processor tersebut.

Author

Write A Comment