Rumus-Rumus Excel Yang Mempermudah Pekerjaanmu

microsoft excel

Rumus-rumus yang terdapat di Microsoft Excel tentunya berguna sekali dalam mempermudah pekerjaan-mu. Program Microsoft Excel sering juga disebut dengan spreadsheet yang beroperasi di bawah windows.

Microsoft Excel memiliki banyak sekali rumus dan fungsi, mulai dari yang pertama yaitu : average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga banyak lagi mencari persen di excel.

Penggunaan Excel yang efektif akan memudahkan dalam membuat laporan pekerjaan. Formula MS. Excel adalah keunggulan dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Oleh karena itu Anda harus benar-benar memahami masing-masing fungsi dasar Microsoft Excel agar penggunaan dalam MS Excel bisa lebih maksimal dan efisien.

Sebelum membaca lebih lanjut, jangan lupa baca artikel yang akan menjelaskan tentang Pengertian Lengkap Microsoft PowerPoint.

excel tutorial
excel tutorial

Pada pembahasan kali ini akan memberitahu beberapa rumus-rumus yang terdapat pada Excel yang akan dijelaskan dibawah ini.

Sum

Fungsi pada sum ini berguna untuk menjumlahkan angka yang bisa dijumlahkan, bisa berupa angka-angka maupun data dalam beberapa range sekaligus. Caranya sebagai berikut

=Sum(number1. [number2]…)

Match

Fungsi match ini berguna untuk mencari posisi relatif suatu item ditabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu. Seperti, dalam mencari apakah disebuah tabel ada nama orang tertentu, maka bisa menggunakan rumus ini untuk mencarinya. Caranya sebagai berikut.

=Match(lookup_value. lookup_array. [match_type])

VlookUp dan HlookUp

Fungsi VlookUp bertujuan untuk mencari suatu item disebuah kolom, ditabel dan mengambil nilai yang ada dikolom lain pada tabel tersebut.

Contohnya, menampilkan nomor telpon dari tabel yang disusun dalam format vertikal. Caranya sebagai berikut.

=VlookUp(lookup_value.lookup_array. [match_type])

Fungsi HlookUp sama halnya dengan rumus VlookUp yaitu, mencari suatu item disebuah kolom, ditabel dan mengambil nilai yang ada dikolom lain pada tabel tersebut.

Contohnya, menampilkan nomor telpon dari tabel yang disusun dalam format horizontal .Caranya adalah sebagai berikut ini.

=HlookUp(lookup_value.lookup_array. [match_type])

microsoft excel
microsoft excel

Lower dan Upper

Fungsi pada Lower yaitu mengubah huruf besar menjadi huruf kecil. Caranya adalah sebagai berikut.

=Upper(text)

Fungsi Upper adalah kebalikannya dari Lower yaitu, digunakan untuk mengubah semua text huruf kecil menjadi huruf besar. Caranya sebagai berikut.

=Lower(text)

Max dan Min

Jika anda ingin mencari nilai tertinggi dari sebaris atau kumpulan data, bisa denga menggunakan Max. Caranya sebagai berikut.

=Min(number1:number2)

Sebaliknya, jika ingin mencari nilai terendah pada sebaris deretan angka, bisa menggunakan Min. Caranya sebagai berikut.

=Min(number1:number2)

Date

Fungsi ini digunakan jika anda menemukan suatu kondisi dimana tahun, bulan, dan tanggal terdapat pada cell terpisah, sekaligus juga bisa mendapatkan nilai tanggal. Caraya sebagai berikut.

=Date(year,mount,date)

Average

Fungsi terakhir pada rumus ini adalah untu mencari nilai rata-rata dari sebuah data. Caranya sebagai berikut.

=Average(number1:number2)

Semoga artikel diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi pembacanya. jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Selain itu, Ada artikel yang akan membantu anda dalam menyimpan data yang luas dan dijamin keamanannya yang sudah kami rangkum pada artikel Cloud Penyimpan File Dokumen Paling Aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *