Smartfren Meluncurkan Teknologi eSIM Pertama

e-SIM Smartfren

e-SIM adalah teknologi terbaru dalam dunia telekomunikasi. Smartfren adalah operator pertama yang meluncurkan teknologi tersebut di Indonesia. Untuk menambah flexibilitas bagi pelanggan dalam mengatur  preferensi data, voice dan SMS serta menikmati paket data yang menarik.

Operator seluler anggota grup Sinarmas tersebut pekan ini mengumumkan bahwa teknologi e-SIM besutannya sudah resmi meluncur.

Dengan demikian, para pelanggan yang perangkatnya sudah mendukung teknologi ini pun tak perlu lagi menggunakan kartu SIM fisik untuk tersambung ke jaringan 4G LTE Smartfren.

Teknologi embedded SIM card alias e-SIM (embedded SIM) sudah tersedia beberapa lama di luar negeri dan kini mulai hadir perdana di Indonesia.

e-SIM ini tentu berbeda dari SIM card yang berbentuk kartu fisik dengan chip, teknologi ini dibenamkan langsung ke dalam perangkat secara permanen. Untuk menambah atau mengganti operator pun tak perlu menukar kartu fisik, melainkan cukup diprogram di perangkat yang bersangkutan.

Sesuai namanya, e-SIM alias electronic SIM tak memiliki wujud fisik seperti kartu pada umumnya. Teknologi ini berupa modul yang terintegrasi dan melekat di dalam ponsel dan tak bisa dilepas-pasang sembarangan.

ukuran e-SIM
ukuran e-SIM

Ukuran modul e-SIM pada ponsel sangatlah kecil, bahkan lebih kecil dari ukuran Nano-SIM yang banyak ditemui pada ponsel kelas atas saat ini.

Dengan diletakkan bersama komponen internal lainnya, serta lebih tahan terhadap air dan debu karena tak menggunakan slot SIM fisik. 

Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation Smartfren mengatakan untuk menggunakan e-SIM, pelanggan harus menyambangi galeri Smartfren untuk mendapatkan QR code.

Untuk menggunakan teknologi ini, pelanggan harus telebih dahulu menyambangi galeri Smartfren untuk mendapatkan e-SIM QR code.

Setelah mendapatkan QR code, pelanggan harus memindai QR dengan memastikan perangkatnya terhubung dengan internet. Setelah melakukan pemindaian pada QR code, profil pengguna SIM secara otomatis akan terpasang di perangkat pelanggan,”

Amith Sethi
Amith Sethi

“Teknologi ini merupakan salah satu terobosan bagi Smartfren. Proses migrasi bagi para pelanggan lama pun cukup mudah dan konsumen tidak akan lagi mengalami masalah yang berkaitan dengan SIM Card,” ujar Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation Smartfren. 

”Dengan perangkat berkemampuan e-SIM, konsumen menikmati konektivitas out-of-the-box tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah,” ujarnya kembali.

Baca Juga : Android Q Sistem Operasi Terbaru Google

Smartfren merupakan salah satu dari  operator 4G di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi tersebut. Dengan memberikan solusi telekomunikasi alternatif diharapkan pengguna operator ini dapat tetap terhubung dengan lebih baik dalam menjalankan aktivitasnya.

Amith Sethi, Sub Grup Head Device and Innovation Smartfren mengklaim bahwa Smartfren merupakan operator 4G pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknologi terbaru ini.

Smartfren eSIM
Smartfren eSIM

Dengan mengharapkan agar teknologi tersebut bisa menjadi solusi telekomunikasi alternatif agar pengguna Smartfren dapat tetap terhubung.

Amith menambahkan teknologi eSIM baru ditetapkan untuk menjadi gamechanger dalam telekomunikasi, menawarkan tingkat fleksibilitas baru bagi konsumen dan operator.

Dengan perangkat berkemampuan eSIM, konsumen bisa menikmati konektivitas lebih bebas tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah.

Untuk saat ini belum di semua Galeri Smartfren bisa mendapatkan e-SIM. Sejumlah Galeri yang ditunjuk antara lain Galeri Smartfren Sabang Jakarta, Galeri Mall Ambassador Jakarta, Galeri BEC Bandung, Galeri A Yani Semarang, Galeri WTC Surabaya, Galeri Pulau Kawe Bali, Galeri Urip Sumoharjo Makassar dan Galeri Adam Malik Medan.

Sejauh ini penerapan secara global pun sejatinya masih amat terbatas. Saat merilis trio iPhone baru, Apple menyebut baru ada 10 negara yang sudah support yakni Kanada, Kroasia, Australia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, Amerika Serikat, dan Indonesia.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *