Software menjadi sesuatu hal sudah pasti dimiliki oleh setiap kalangan. Karena, banyaknya fungsi dan fitur-fitur yang bisa membantu orang banyak dalam melakukan sesuatu, seperti : menggambar, menulis, mengirim pesan, media baca dan masih banyak lagi.

Tapi, pada pembahasan kali ini mengenai software desain grafis yang merupakan sebuah program yang dirancang sedemikian rupa untuk memembantu pengguna dalam mengorganisir bahkan merekayasa gambar/ karya seni dalam wujud 2D/3D.

Software ini pun ada yang disediakan secara gratis maupun berbayar. Namun, jangan takut karena tidak semua yang gratis itu tidak lengkap. Berikut adalah beberapa software grafis terbaik dan gratis yang sudah dirangkum, seperti :

Sebelumnya, terdapat artikel mengenai Aplikasi pembuat Komik Terbaik di Android

Berikut adalah Software Desain Grafis Terbaik :

SUMOPAINT

software sumopaint
Software Sumopaint

Sumopaint merupakan software grafis yang menyediakan tool yanglumayan lengkap sebagai software gratis. Tool yang disediakannya pun hampir sama dengan Photoshop, bisa dibilang Sumopaint adalah versi kecilnya dari Photoshop.

Tool yang disediakannya, seperti brush, text, shape, crop, dan masih banyak lagi. Untuk dapat menggunakanya, Anda harus menginstal Adobe flash player terlebih dahulu. Apabila ingin meningkatkan kinenjanya, Anda bisa menaikknan versinya ke level Pro dengan membayar $ 19.

GIMP

software gimp
Software GIMP

GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Software ini disediakan gratis, dan software GIMP juga bersifat open source, sehingga dapat dikembangkan oleh siapa pun. Software ini memiliki kelebihannya yaitu memiliki tampilan yang cerah dan modern.

Software ini dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula. GIMP sendiri sudah kompatibel dengan banyak format file populer sehingga hal itu sangat memudahkan penggunanya.

BLENDER

software blender
Software Blender

Blender adalah sebuah software grafik komputer yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, software 3D interaktif dan permainan video. Blender merupakan salah satu software open source gratis yang sudah tersedia dibanyak operating sistem.

Blender memiliki beberapa fitur menari, seperti pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering.

INKSPACE

inkscape
inkscape

Inkscape merupakan salah satu software pengedit grafis geratis yang lumayan populer dikalangan ilustrator. Pengguna Inkscape ditujukan untuk seorang desainer grafis profesional maupun bagi Freebuddies yang ingin membuat desai ilustrasi mudah.

Software ini disebut-sebut sebagai alternatif yang bisa Anda gunakan dalam membuat vektor dan desain grafis yang menggunakan format file SVG. Software desain ini juga bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac.

Adobe InDesign

software indesign
Software InDesign

Adobe InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Tools yang tersedia pada InDesign ini juga tergolong mudah dipelajari dan digunakan untuk para pemula.

InDesign juga mendukung layanan seperti Behance dan Typekit untuk Anda yang ingin mempublikasikan hasil karya digitalnya baik berupa fotografi, video, desain dan pengembangan web atau software. Sehingga hal itu memberikan kemudahan bagi para desain grafis.

Baca Juga : 5 Aplikasi Video Editing PC/Laptop Terbaik

Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat bagi pembacanya dan jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini, Terima kasih.

Author

Write A Comment