Spotify Lite, Aplikasi Versi Hemat Spotify

sportify - takenologi.com

Para pengguna aplikasi music streaming sekarang dikejutkan dengan munculnya Spotify Lite. Aplikasi ini sudah tentu berukuran lebih kecil dibanding aplikasi regulernya. Ukuran aplikasi Spotify Lite tercatat hanya 10 MB, jauh lebih kecil dari versi reguler yang berukuran 28 MB.

Sebelumnya, beberapa aplikasi sudah menghadirkan layanananya dalam versi ringan, seperti Facebook lite, Google dan beberapa aplikasi lainnya. Kemudian, layanan music-streaming Spotify turut mengikut trend tersebut, dengan menggulirkan Spotify Lite.

Spotify mengikuti tren dari perusahaan-perusahaan jejaring sosial lain, yang berusaha menawarkan versi aplikasi ringan kepada pengguna. Aplikasi ini akhirnya resmi diluncurkan. Spotify Lite sudah bisa diunduh dalam versi beta sejak awal tahun ini.

install Sportify Lite - takenologi.com
install Sportify Lite

Spotify Lite pun diklaim lebih hemat data dan ramah koneksi internet, terutama di daerah yang jaringannya belum stabil. Aplikasi ini bisa diunduh secara terpisah dari aplikasi Spotify reguler di ponsel Android versi 4.3 ke atas.

Dikarenakan ukuran file lebih ringan dari versi reguler, ada beberapa fitur di Spotify reguler yang dipangkas. Namun ada juga fitur baru yang hanya bisa ditemukan di versi Lite. Misalnya fitur atur kuota data.

Pengguna bisa mengatur batas maksimum kuota yang digunakan untuk streaming setiap bulan. Ada 6 pilihan batas maksimal, mulai dari 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, dan 3 GB.

Tapi, pengguna Spotify Lite tidak bisa menikmati fitur “mode offline”. Absennya fitur ini mengharuskan pengguna untuk selalu streaming saat memutar music.

Kemudian, pada fitur “Spotify Connect” juga ditanggalkan. Fungsi fitur ini adalah memungkinkan pengguna menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Spotify Lite juga hanya akan menyediakan kualitas audio yang standar. Seperti, tidak adanya fitur pengaturan kualitas audio dengan opsi “Low”, “Medium”, dan “High”. Spotify Free, fitur ini mampu menyeleksi lagu-lagu spesifik sesuai keinginan hati pengguna, meski berlangganan Spotify Premium.

Spotify Free selama ini memang dibatasi ketika hendak memilih lagu sesuai kehendak hati. Spotify sendiri yang akan memilihkan alur lagu.

Terakhir, pengguna aplikasi ini hanya bisa memutar musik saja, tidak bisa memutar Podcast kesayangan yang telah diikuti di akun Spotify reguler karena tidak ada fitur Podcast.

tampilan Sportify Lite - takenologi.com
tampilan Sportify Lite

Di laman resmi Spotify juga belum disebutkan apakah pengguna iOS sudah bisa mengunduhnya atau belum. Namun pastinya, sudah ada 36 negara yang bisa mengunduh Spotify Lite, termasuk pengguna di Indonesia.

36 negara yang bisa menikmati aplikasi ini Indonesia, negara Brasil, Kanada, Meksiko, Argentina, Peru, Arab Saudi, Mesir, Afrika Selatan, Maroko, Filipina, Malaysia, dan India.

Sebelumnya, sebagian Negara sudah tersedia fitur ini lebih awal tersebar di wilayah Asia, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Secara bertahap, Spotify berencana akan memperluas penyebaran Spotify Lite ke lebih banyak negara.

Namun ada juga fitur baru yang hanya bisa ditemukan di versi Lite. Misalnya fitur atur kuota data. Terdapat opsi untuk mengatur batas pemakaian kuota data maksimal dalam sebulan, di aplikasi Sportify Lite.

Satu lagi, pengguna Spotify Lite hanya bisa memutar musik saja, tidak bisa memutar Podcast kesayangan yang telah diikuti di akun Sportify reguler karena tidak ada fitur Podcast.

Untuk pemilik akun Sportify Premium juga tetap bisa menggunakan Sportify Lite. Hanya saja, keunggulannya hanya pada menghilangkan jeda iklan.

Khusus kalian yang penikmat lagu, aplikasi ini sangat cocok untuk kalian, dan bagi kalian yang ingin mencari pekerjaan tanpa harus melamar datang ke tempat perusahaan tersebut kalian bisa mencoba aplikasi-aplikasi pencari kerja terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *