Toko Online Bisa Dibuat Dengan 3 Aplikasi Ini

E-commerce

Toko Online kini semakin berkembang dimana-mana dari kalangan atas hingga kalangan bawah. Dulu, hampir semua pedagang menjual barangnya dengan menjajakan dipinggir jalan ataupun di dalam toko.

Kini, mereka sebagian sudah tidak melakukan cara tersebut karna praktiknya yang lumayan menguras keringat dan peluang dibeli barangnya tidak begitu besar.

Para pendagang tersebut mulai menjajakan dagangnya melalui online, dengan memebuat situs yang menyediakan peralatan yang dia jual. Ada 3 aplikasi pembuat toko online yang bisa kalian gunakan secara instant dan cepat, seperti :

Shopify 

toko online shopify
shopify logo

Shopify adalah sebuah software toko online atau yang lebih keren disebut sebagai platform untuk bisnis eCommerce yang hingga saat ini telah digunakan lebih dari 500ribu online shop di seluruh dunia.

CMS e-commerce ini memakai implementasi sistem retail point-of-sale (POS). Aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur untuk meringkas alur manajemen toko online skala kecil-menengah.

Layanan Shopify mencakup pembuatan website dengan fungsi toko online, Buy Button yang terintegrasi ke situs web Anda, Facebook Shop, hingga paket khusus untuk brand yang established (Enterprise).

Shopify adalah platform satu-jendela yang memberikan beberapa layanan untuk penggunanya, seperti :

  • Online Store – Metode penjualan produk secara e-commerce secara lebih mudah, cepat dan ambisius.
  • Shopify POS (Point-of-Sale) – Fitur integrasi kartu kredit (dan berbagai metode pembayarandi pembayaran transaksi membuat Anda bisa memastikan transaksi terjadi dengan mudah, di mana saja dan lewat platform apa pun. antara Anda (merchant) dan customer.
  • Retail Package – Opsi upgrade layanan yang cukup powerful. Anda bisa memberi tiap staff satu PIN pribadi. Anda juga mendapat opsi metode pembayaran yang lebih banyak, dari uang cash, kartu kredit, store credit (poin toko) hingga metode custom.
  • Buy Button – Layanan pembuatan katalog produk individu (’embedded product card’) yang bisa ditempatkan di situs terpisah.
  • Facebook Shop dan Messenger – Shopify bisa menambahkan satu tab baru, ‘Shop’, pada Facebook Page Anda.
  • Enterprise – Paket Shopify Plus adalah layanan ultima Shopify di mana Anda bisa mendapat platform multi-channel dengan lebih banyak kebebasan skalabilitas.

Aplikasi ini juga tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti yang akan kami jelaskan berikut.

Baca Juga : Sestyc, Media Sosial Buatan Anak Bangsa

Kelebihan – Shopify

  • Mudah untuk memulai dan mudah digunakan.
  • Kamu tidak perlu mengelola toko online kamu sama sekali.
  • Kamu dapat menggunakan solusi pembayaran default atau menambahkan solusi pihak ketiga.
  • Mudah untuk mengukur situs web kamu saat dibutuhkan.


Kekurangan – Shopify

  • Kamu tidak memiliki kontrol penuh atas toko online kamu.
  • Biaya transaksi dapat mengurangi keuntungan kamu pada penjualan.
  • Kamu harus memilih paket untuk ditingkatkan di Shopify.
  • Tidak ada fleksibilitas untuk memilih hanya fitur yang kamu butuhkan.

Wix

toko online wix
Wix

Wix disebut juga sebagai website builder,  yaitu tools pintar yang menjadi fenomena web development. Platform berbasis awan ini membantu jutaan orang di dunia untuk membuat website keren. Mulai dari blog, website bisnis, toko online, hingga streaming musik.

Tools desain Wix bernamma Wix Editor dan Wix ADI (Artificial Design intelligence). Keunggulan Wix adalah memadukan unsur desain web terkini (seperti HTML 5) dengan fitur-fitur otomatis, seperti sistem e-niaga, formulir kontak pemesanan tiket, hingga streaming musik.

Wix memiliki visual builder yang menyediakan pre-built element atau block yang dapat ditambahkan ke halaman atau area mana pun di situs. Anda pun bisa mengatur kembali elemen-elemen tersebut. Sayangnya, website builder tidak sebebas platform lain dan opsi yang ditawarkannya pun tidak banyak.

Untuk paket harga Wix Indonesia sebenarnya cukup mahal. Silakan hitung kembali dana yang perlu di gelontorkan tiap bulannya untuk memiliki website dari Wix tanpa iklan dan domain sendiri.

Biaya $10 atau sekitar Rp 130.000 per bulan untuk paket yang hanya memberikan kapasitas penyimpanan 3GB dan bandwith terbatas adalah hal yang tidak worth it di dunia hosting saat ini.

Weebly

toko online di weebly
weebly

Weebly adalah sebuah sarana untuk membuat website gratis. Menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda (gambar, teks, atau konten interaktif, dll) ke halaman dan mengisi konten. Situs ini diciptakan oleh David Rusenko, Dan Veltri, dan Chris Fanini, dan semua yang menghadiri Penn State untuk gelar sarjana.

Baca Juga : Prosesor Kirin 980 Buatan Huawei setara dengan Snapdragon 845

Antarmuka Weebly editor memungkinkan pengguna untuk dengan mudah dan cepat “seret dan jatuhkan” konten ke dalam halaman website yang terbuka, yang mana ini merupakan fitur utama weebly. Selain itu di weebly pengguna bisa membuat desain tema, menambah blog, dan tentunya terbebas dari iklan.

Weebly juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan nama domain kustom untuk versi gratis. Ini memberikan kesempatan untuk mencoba weebly sebelum memutuskan untuk meningkatkan ke versi pro. Selain itu terdapat fitur “archive” bilamana ingin migrasi ke penyedia layanan hosting lainnya. Fitur ecommerce atau toko online juga tersedia untuk weebly.

Weebly terdiri dari 2 jenis akun, yaitu:

  • Akun free

Untuk akun free terbatas dan hanya bisa membuat 2 website saja.

  • Akun pro

Untuk akun Pro bisa membuat hingga 10 website serta memiliki keunggulan seperti peningkatan ukuran “filesize” untuk mengunggah berkas, unggah video, perlindungan halaman, favicon, menghapus tautan kaki dari weebly, dan dukungan premium. Di weebly anda juga dapat mengundah pengguna lain untuk mengedit websitenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *