UX Writer Harus Menggunakan 5 Tools Ini

UX Writer

UX Writer sendiri mengacu pada kata-kata yang sering lihat atau dengar di suatu produk saat Anda menggunakannya. Banyak orang dalam bidang UX percaya bahwa tulisan UX yang baik, pastinya akan menyatu dengan desain produk.

Job Desk bagi para UX Writer adalah menghubungkan pengguna ke produk atau layanan yang dilakukan oleh seorang UX Writer. Sebab itu, empati dan pikiran kreatif sangat dibutuhkan dalam proses menulis.

Pengguna harus mencari konten yang memberikan solusi bagi persoalan mereka. Intinya, pengguna diharuskan membaca konten yang berkaitan dengan seluruh produk maupun layanan.

Dengan begitu, seorang UX writer harus pandai menghubungkan pengetahuan dan pengalaman pengguna dengan produk, secara interaktif yang dapat meningkatkan kepuasan. 

Baca Juga : Hongmeng OS buatan Huawei pengganti Android

Tujuan utama UX Writer adalah menghadirkan pengalaman positif bagi pengguna suatu produk. Oleh karena itu, penulis UX cenderung membuat tulisan yang ringkas, jelas, serta konsisten.

Untuk menjadi penulis UX diharuskan bekerja dengan baik di lingkungan yang benar-benar gesit. Mereka mungkin harus mendefinisikan tanggung jawab peran mereka sendiri, mengambil tugas-tugas lintas fungsional (seperti membuat wireframe atau merencanakan strategi editorial), dan melakukannya dengan efektif.

Berikut ini ada berbagai tools yang akan membantu Anda dalam meningkatkan skill menulis UX Writer, seperti berikut ini.

Twords

twords
twords

Tool seperti Twords akan membantu pada UX Writer agar lebih berkomitmen dalam menulis secara konsisten. Tool ini akan memberi notifikasi kalau Anda belum mulai menulis dan membantu diri agar lebih bertanggung jawab.

Tool ini juga akan mentracking tulisan yang Anda buat. Anda dapat melihat pattern penulisan saat sedang rajin blogging vs sedang malas menulis.

Hemingway

hemingway
hemingway

Ernest Hemingway dikagumi karena gaya penulisannya yang ringkas, oleh karena itu nama belakangnya digunakan untuk aplikasi editing yang satu ini.

Aplikasi ini memberitahu seberapa mudah atau sulit untuk mengerti kata-kata pada artikel yang dibuat. Aplikasi ini sangat membantu terutama bagi para UX Writer pemula maupun professional.

Aplikasi ini membantu kalian yang ingin membuat artikel yang mudah dibaca, dengan meng-copy paste teks Anda ke dalam aplikasi website free ini dan kemudian aplikasi ini akan menilai tulisan Anda serta mengidentifikasi peluang untuk membuatnya menjadi lebih simpel.

Firebug

firebug
firebug

Firebug adalah salah satu addons yang wajib ada pada web browser Mozilla Firefox. Dengan firebug, kita dapat mengedit, mendebug dan memonitor CSS, HTML, dan JavaScript secara live tanpa perlu membuka file editor.

Salah satu fungsi penting yang ada pada Firebug adalah HTML DOM Inspector, di mana dengan menggunakan Firebug korang dapat melihat elemen-elemen tertentu dalam web secara lengkap, baik dari segi code HTML mahupun CSS tanpa perlu mencarinya satu persatu.

Firebug sangat membantu bagi para pekerja UX Writer ataupun ketika masih tahap belajar. Karena kita dapat langsung melihat tampilan yang dihasilkan setiap kode diubah.

Scrabble

scrabble
scrabble

Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).

Melalui scrabble, pembelajaran kosakata bisa berlangsung lebih mudah diserap dan melatih kita dalam mengumpulkan kosakata. Dengan begitu kita bisa melatih dalam UX Writer.

750 Words

750 words
750 words

Cara lain untuk meningkatkan skill Ux Writer adalah dengan melakukan latihan “pompa otak” menggunakan tools seperti 750 Words.

Cukup dengan menulis apa pun yang diinginkan pada akun pribadi Anda, tanpa perlu mencantumkan judul content atau tag topik Anda atau share dengan teman-teman Anda.

Yang dapat dilakukan oleh tool ini adalah mentracking berapa jumlah kata yang Anda tulis, sekitar 750 kata (3 pages). Tool ini dimodifikasi seperti game, yang akan memberikan kesenangan tersendiri pada penggunanya.

Anda akan mendapat 2 poin jika menulis 750 kata dan poin lebih jika Anda menulis secara konsisten. Setiap Anda menulis, Anda akan melihat statistik keren yang menunjukkan berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk menulis.

Selain itu, ada informasi tentang  Penjelasan Tentang UI dan UX, Bagaimana menurut kalian tentang penjelasan tersebut? kalian bisa memberikan komentar dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *