Vectr Aplikasi Desain Grafis Terbaik Bagi Pemula

vectr editing tool

Vectr adalah aplikasi desain grafis open-source berbasis vector. Aplikasi ini mirip dengan Inkscape, Adobe Illustrator (AI) dan CorelDraw namun memiliki beberapa perbedaan.

Salah satu perbedaannya yaitu gambar obyek vector tidak akan pecah jika diperbesar atau diperkecil dan untuk ukuran berkasnya juga relatif lebih kecil (dalam kondisi tertentu).

Awalnya, Para pengembang Vectr mempunyai misi untuk membawa desain grafis ke tangan semua orang. Desain grafis harusnya bisa dipelajari oleh siapa saja. Termasuk software-nya.

Baca Juga : Software Desain Grafis Vector Terbaik

Para pengembang mencoba untuk membuat aplikasi desain grafis yang dapat diandalkan dan gratis untuk digunakan oleh siapa saja. Maka dari itu Vectr dikembangkan agar semua orang bisa mempelajari desain grafis.

Aplikasi ini merupakan editor grafik vektor gratis untuk Linux, macOS, Chrome OS, dan Windows. Jika anda tidak ingin menginstall banyak aplikasi dan lebih nyaman menggunakan aplikasi web, maka Vectr juga tersedia versi web.

vectr editing tool
vectr editing tool

Aplikasi ini juga memiliki tampilan dan fitur yang lebih simple dan mudah digunakan. Sehingga cocok bagi pemula yang ingin belajar membuat desain vektor.

Fitur-fitur yang terdapat pada Vectr, seperti :

  1. Terdapat Pages dan Layer (dengan pengaturan ukuran masing-masing).
  2. Terdapat beberapa tools seperti: Membuat bidang (kotak, lingkaran, dll), teks, path, dan bidang lain (ikon).
  3. Terdapat panel pengaturan warna background, border, bayangan, transparansi.
  4. Bisa edit dengan flip (vertikal dan horizontal), memotong, menggabungkan, dll.
  5. Ada grid di workspace beserta fungsi snap.
  6. Koleksi font online gratis sebangang 100 font lebih.
  7. Impor berkas AI.
  8. Mendukung banyak platform: Mac, Windows, Linux, Chromebook, dan Online (browser).
  9. Terintegrasi dengan WordPress. Integrasi dengan Slack menyusul.
  10. Mengirim link desain supaya bisa dilihat bersama.

Dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, Vectr bisa anda gunakan untuk membuat berbagai macam keperluan desain, seperti: blog, ilustrasi di sosial media (instagram, facebook, twitter), membuat meme dan masih banyak lagi.

Saat pertama menggunakan software ini, anda akan melewati rangkaian tutorial interaktif yang bagus untuk berorientasi pada software ini, dengan tujuan agar anda dapat memahami tentang perangkat lunak tersebut.

Baca Juga : Pengertian UI dan UX

Pada bagian toolkit terdapat bezier curve pen, freehand pencil, text tool, image uploader, rectangle tool, rounded rectangle, ellipse dan koleksi dari extra shape. Dengan itu anda dapat membuat beberapa page dalam satu dokumen.

Path dan shape dalam dokumen Vectr terdapat banyak background, border, outer shadow and inner shadow dan juga memiliki opacity controlled. Background juga dapat diatur untuk flat fill, image, linear gradient atau radial gradient.

Menariknya, terdapat plugin yang dapat di instal ke situs WordPress untuk mendapatkan image editor lengkap yang disematkan di bagian post dan page editing screen anda.

Vectr digunakan WordPress
Vectr digunakan WordPress

Dan setiap gambar yang di buat dengan menggunakan Vectr di dalam WordPress akan secara otomatis mendapatkan URLnya sendiri di situs anda sehingga dapat berbagi dengan orang lain.

Baca Juga : 5 Situs Penyedia Gambar Gratis Terbaik

Sayangnya tidak terdapat opsi local save, semua didorong untuk penyimpanan cloud. Satu-satunya pilihan local save adalah mengekspor dalam format SVG, PNG atau JPG.

Software ini memang gratis atau open-source namun sebelum menggunakannya akan diminta untuk mendaftar dan sign in ke akunnya dalam rangka untuk menyelamatkan pekerjaan anda.

Keuntungannya adalah setiap yang anda kerjakan akan tersedia dari web browser manapun yang dapat di gunakan untuk masuk ke akun Vectr anda. 

Selain itu, terdapat artikel yang dapat membantu anda dalam Belajar Bahasa Asing Dengan 7 Website Ini. Semoga bermanfaat dan berikan ulasan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *