Sistem Operasi Windows 10 kini menjadi salah satu Sistem Operasi terbaik yang banyak digunakan hampir seluruh kalangan didunia. Jadi, siapa yang gak kenal dengan Windows ?. Yup, Pada pembaharuan terakhirnya, yaitu Windows 10. Terdapat fitur-fitur terbarunya Windows 10 yang disisipkan pada sistemnya guna mempermudah penggunanya.

Dalam update terbarunya, Microsoft menyematkan banyak fitur – fitur yang diharapkan mampu menambah dan memperkaya pengalaman penggunanya, baik pengguna lama maupun pengguna baru dapat merasakan sensasi yang lebih dalam menggunakan sistem operasi Windows 10 ini.

Dari banyaknya fitur – fitur tersebut yang bisa digunakan karena memang ter-display dengan jelas dan mudah untuk ditemukan. Namun, ada juga beberapa fitur yang memang tersembunyi dan harus di cari terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Berikut ini fitur fitur windows 10, diantaranya :

Baca Juga : 5 Rekomendasi Monitor Untuk Bermain Game

Find My Device

find my device fitur windows 10
find my device fitur windows 10

Pada update terbaru sistem operasi yang satu ini, pengguna bisa merasakan fitur yang sama pada tablet maupun laptop mereka. Cukup mengakses akun Microsoft pada browser, lalu masuk pada pilihan menu, kemudian pilih setting, update & security serta pilih find my device.

Menggunakan Touchpad Gesture Untuk Akses Beragam Fitur

Touchpad gesture di Windows 10 dapat membantu Anda mengakses beragam fitur dengan lebih cepat. Sayangnya banyak yang bilang fitur ini merupakan adaptasi dari fitur yang sudah ada di produk-produk Apple. Berikut adalah cara-cara menggunakannya :

  • Klik kanan : ketuk dua kali pada touchpad
  • Gulir : Geser horizontal atau vertikal dua jari
  • Lihat semua window : Geser touchpad kearah layar
  • Zoom in/out : Pinch atau cubit menggunakan dua jari
  • Tampilkan desktop : Geser touchpad berlawanan layar
  • Beralih aplikasi : Geser ke kiri/kanan dengan tiga jari

Emoji Kaomoji dan Symbol

emoji dan symbol pada windows 10
emoji dan symbol pada windows 10

Emoji Kaomoji dan Symbol adalah fitur menarik yang bisa diaplikasikan dengan menekan kombinasi tombol Window + . (Windows dan titik) untuk menampilkan popup emoji kan kaomoji. Selain kaomoji dan emoji juga terdapat symbols di tab sebelah kanan kaomoji.

Mengaktifkan Fitur Multiple Desktop

Multiple screen atau multiple desktop merupakan fitur yang dapat membuat pengguna membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu layar sehingga dapat bekerja secara lebih cepat. Untuk menggunakan fitur ini kalan hanya perlu menyeret program yang aktif ke setiap sudut layar untuk membagi seperempat dari layar program yang kalian perlukan.

Anda juga dapat mengaturnya dengan tombol Windows + arah panah yang sesuai keinginan.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Router Beserta Fungsinya

Mengaktifkan Fitur Shutdown Rahasia

Untuk mengaktifkan fitur iini, kalian hanya klik kanan pada desktop kemudian pilih New, lalu Shortcut. Pada jendela pop-up berikutnya, isi baris code dengan %windir%System32SlideToShutDown.exe

Jika fitur ini telah aktif, kamu hanya perlu menarik layar ke bawah lalu komputer akan mati secara otomatis. Maka seketika fitur ini bisa langsung kalian gunakan dengan cara menarik layar kebawah maka komputer akan mati secara otomatis.

Menutup Aplikasi Dengan Aero Shake

Sistem Operasi ini juga menyajikan fitur menutup aplikasi dengan cara menggoyangkannya. Untuk menggunakan fitur ini kalian hanya perlu mengarahkan kursor kebagian atas windows itu untuk menutupi semua program yang ada. Lalu klik dan program yang diinginkan, dan goyangkan windows itu untuk menutup semua program yang ada kecuali yang sedang digoyangkan.

Game Cortana Windows 10

Mode Game di Sistem Operasi Windows 10 memungkinkan Anda meningkatkan perfoma game yang akan mainkan dengan mengalokasi sumber daya sistem. Terdapat panel Gaming yang tampak menarik di bagian Setting mode tersebut yang memberi kamu kontrol cepat dari Game DVR dan Game Bar.

Cortana juga memiliki kemampuan untuk melakukan permainan kecil. Caranya, ketik ‘Rock Paper Scissors’, ‘Roll the Die’, atau ‘Flip the Coin’. Dan lihat apa yang akan terjadi. Selain itu, juga dapat meminta bantuan Cortana untuk membuka aplikasi, memainkan musik, melakukan pencarian web, menampilkan berita terkini, hingga memberi notifikasi penting. Sehingga dengan menggunakan Sistem Operasi Windows 10 bagi para gamers sangat membantu dan membuat nyaman dalam bermain game karena semua sudah di sajikan dengan mudah.

Berikut adalah penjelasan mengenai fitur – fitur pada sistem operasi windows 10 yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat dan bisa di terapkan bagi penggunanya. Jangan lupa berikan ulasan pada kolom komentar dibawah ini.

Author

Write A Comment