Windows 7 Berakhir, Dampaknya Sangat Beresiko!

Windows hingga saat ini masih menjadi salah satu Operating System terbaik didunia dengan kemampuan yang dimilikinya. Bahkan pada Windows 7 32 bit dan 64 bit yang merupakan OS yang sudah lama diluncurkan sejak 10 tahun lalu tapi masih cukup banyak peminatnya.

Pemberitahuan ini sebenarnya sudah diumumkan jauh-jauh hari sebelum resmi dihentikan. Dengan adanya pernyataan tersebut sebagian masyarakat Indonesia cukup khawatir, dikarenakan 80% masyarakat Indonesia masih setia menggunakan sistem operasi lawas tersebut.

“Setelah 10 tahun melayani, 14 Januari 2020, adalah hari terakhir Microsoft akan menawarkan pembaruan keamanan untuk komputer yang menjalankan Windows 7 SP1. Pembaruan ini sebagai pengingat bahwa dukungan Windows 7 segera berakhir,” Ujar Microsoft dilaman website resminya.

Tapi sayangnya, sistem operasi Windows 7 harus dihentikan pembaharuannya. Hal ini menyebabkan pihak Microsoft akan berhenti dalam mendukung segalah pembaharuan berupa software maupun keamanan pada sistem operasi tersebut, pada laptop dan PC.

Sebelumnya, Pihak Microsoft juga memberikan Peringatan untuk pengguna Windows 7.

Hal ini tentunya merupakan sebuah kabar yang buruk, mengingat masih cukup populer sehingga banyaknya pengguna yang hingga saat ini masih menggunakan sistem operasi tersebut. Sehingga cukup diayangkan ketika mengetahui bahwa hal ini benar-benar terjadi.

Dengan begitupun, para pengguna sistem operasi lawas tersebut sudah tidak dapat lagi meminta bantuan pada pihak Microsoft dalam mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada sistem operasi tersebut. hal ini menyebabkan perangkat akan menjadi lebih beresiko.

“Jika Anda terus menggunakan Windows 7 setelah dukungan berakhir, PC Anda akan tetap berfungsi, tetapi akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus,” ujar Microsoft

Pihak Microsoft pun mengingatkan dengan berakhirnya dukungan pembaharuan tersebut akan menyebabkan rentan terhadap serangan-serangan malware. Karena itu, Microsoft mengingatkan untuk segera perbarui sistem operasi ke Windows 10.

windows 10
Windows 10

Spesifikasi minimum perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 10 32 bit dan Windows 10 64 bit tersebut juga terbilang tidak tinggi dan dapat digunakan pada laptop atau PC dengan spesifikasi rendah,

Spesifikasinya

  • Prosesor: 1 GHz atau lebih kencang
  • Memori: RAM 1 GB untuk instalasi 32-bit dan RAM 2 GB untuk instalasi 64-bit
  • Kapasitas hard disk: Up to 20 GB
  • Kartu grafis: Layar beresolusi 800 dari 600 pixel atau lebih tinggi, dan cip grafis DirectX 9

Sebelumnya, Microsoft juga sempat menawarkan kepada pengguna Win 7 untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis guna meningkatkan kualitas penggunaannya. Dan tawaran ini pun masih berlaku hingga sekarang, Anda pun bisa melakukannya.

Caranya

  • Siapkan Windows 7 32 bit atau 64 bit / Windows 8 32 bit atau 64 bit resmi pada perangkat lunak masing-masing.
  • Lalu, unduh Media Creation Tool Windows 10 di situs resmi.
  • Selesai unduh, kemudian buka dan klik “setuju” pada setiap lisensi yang ditampilkan.
  • Pilih “Upgrade this PC now” dan “Next”.
  • Pilih “Keep personal files and apps” agar semua data tidak terhapus.
  • Lalu, buka “Settings” dan klik “Windows Update”.
  • Terakhir, pilih “Activation” untuk mengaktifkan lisensi digital.

Namun, pihak Microsoft memiliki saran lain kepada para penggunanya, yaitu para pengguna dapat berganti ke perangkat lain yang telah memiliki sistem operasi Windows 10. Dengan alasan agar mampu berjalan lebih optimal pada perangkat baru.

“Untuk pengguna Windows 7 kebanyakan, berganti ke perangkat baru dengan Windows 10 Pro merupakan cara yang kami rekomendasikan. Terlebih, harga rata-rata perangkat saat ini lebih terjangkau ketimbang kebanyakan PC delapan tahun lalu,” tulis Microsoft.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan berguna. Jangan lupa berikan saran, kritik atau ulasan pada kolom komentar dibawah ini terimakasih.

Leave a Reply