Youtube Bisa Lebih Mudah Dengan 7 Shortcut Ini

youtube

Youtube adalah situs web video sharing atau berbagi video populer dimana para pengguna dapat menonton, dan saling berbagi klip video secara gratis.

Apalagi situs ini memang lagi booming dan trending untuk saat ini sehingga ada yang berlomba-lomba menjadi Youtuber, orang yang menghabiskan waktu dengan mengupload rekaman videonya ke Youtube.

Namun, tahukah kamu jika menonton video di Youtube dapat mengontrol video tersebut dengan keyboard. Jadi bukan hanya dengan menekan tombol spasi untuk menghentikan dan memulai video saja.

keyboard
keyboard

Ternyata, situs web ini memiliki tombol-tombol pintas atau Shortcut yang terdapat di keyboard (keyboard shortcut) yang dapat memudahkan dalam melakukan sesuatu hal.

Jika ingin mengetahui cara penggunaan Shortcut tersebut adalah sebagai berikut.

  • Buka web browser di komputer atau laptop kamu.
  • Kunjungi situs Youtube.
  • Klik ikon titik tiga yang berada sebelah kanan atas.
  • Terakhir, klik Keyboard Shortcuts.
keyboard shortcuts
keyboard shortcuts

Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam Shortcut yang tersedia, berikut adalah beberapa Shortcut yang terdapat pada Youtube.

Huruf C

Jika terdapat video-video yang berbahasa asing, dan membutuhkan bantuan caption atau subtitle untuk memahami percakapan video tersebut. Kalian bisa mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi dari caption dengan tombol shortcut huruf C.

Huruf F

Jika ingin menonton video secara full screen atau layar penuh, anda bisa melakukan hal tersebut dengan shortcut huruf F. Rasanya tombol ini merupakan fungsi umum, sebab huruf F sendiri identik dengan Full Screen.

Jika setelah tampil dalam mode layar penuh, kemudian ingin kembali ke mode normal, tekan saja huruf F tersebut atau juga bisa menggunakan tombol Esc.

Baca Juga : 5 Game Belajar Android Terbaik Anak-Anak.

Tombol Tab

Jika ingin mengetik dokumen di aplikasi Microsoft Word, tombol Tab pada keyboard berfungsi untuk memindahkan teks sesuai tanda yang terdapat pada horizontal ruler. Pada dasarnya, tombol Tab berfungsi sebagai tombol pindah.

Kalian bisa menggunakan tombol Tab untuk memegang kendali penuh atas web tersebut. Tanpa menggunakan mouse, Anda bisa mengontrol penggunaan dari keyboard.

Ketika video diputar, Anda dapat menekan tombol Tab untuk mempercepat atau memperlambat video, mengatur play/pause, berpindah ke video selanjutnya, mengatur volume suara, dan lain-lain.

Space dan Huruf K

Space dan huruf K berfungsi pada saat sedang menonton video, kalian akan mendapat panggilan masuk atau mengerjakan suatu aktivitas lain dalam waktu yang tidak bisa ditentukan maka kalian bisa melakukan pause video dengan mengklik salah satu tombol tersebut.

Cara ini lebih ringkas dan simple jika dibandingkan dengan tombol Tab. Dengan menggunakan tombol Tab, Kalian bisa melakukan pause video dengan mengarahkan kursor ke menu play/pause, namun setelah itu menekan tombol Enter.

Huruf J dan Huruf L

Kedua huruf tersebut, yakni Huruf J dan L berfungsi untuk memperlambat dan mempercepat video. Contoh, jika ingin memperlambat 10 detik, Anda bisa menggunakan huruf J. Sedangkan jika ingin mempercepat 10 detik, Anda bisa menggunakan huruf L.

Huruf M

Shortcut pada huruf ini berfungsi untuk mematikan atau mute video.

Tombol Koma (,) dan Tombol Titik (.)

Fungsi pada (.) dan (,) adalah untuk memperlambat dan mempercepat secara slow motion atau dalam waktu sepersekian detik. Mungkin saja Anda ingin menonton bagian tertentu dari video secara lebih mendetil.

Jika ingin memperlambat video cukup menekan tombol koma (,) dan jika ingin mempercepat video menekan tombol titik (.).

Panah Kanan dan Kiri

Tombol panah atas dan bawah berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil suara video. Jadi anda bisa menggunakan shortcut tersebut ketika ingin merubah suatu volume.

Rentang volume suara dapat diperbesar dan diperkecil dalam 5 tingkat. Jika ingin memperbesar suara 5 tingkat, Anda bisa menggunakan panah atas. Sedangkan jika ingin memperkecil suara 5 tingkat, Anda bisa menggunakan panah bawah.

Tombol ini juga bisa untuk memperlambat dan mempercepat video, mirip dengan huruf J dan L. Perbedaannya adalah waktunya bukan 10 detik, melainkan 5 detik lebih cepat dan lebih lambat.

Angka 1 – 10

Tombol angka berfungsi sebagai shortcut untuk memindahkan ke bagian-bagian tertentu dari video yang diputar. Sebagai contoh, sebuah video dengan durasi 50 menit. Tombol angka 1 membawa kalian menonton menit ke-5, angka 5 membawa kalian menonton menit ke-25, dan angka 9 akan membawa kalian menonton menit ke-45. 

Angka 0

Ketika menekan Tombol angka 0 maka berfungsi untuk restart video. Selain itu fungsi restart ini bisa dilakukan dengan menekan tombol Home pada keyboard.

Tombol /

Tombol ini berfungsi ketika ingin membuka cepat kolom search untuk mencari video yang lain.

Untuk pengguna Mac, disarankan untuk membaca artikel berikut Edit Foto Di Mac Dengan 5 Software Terbaik Ini.

Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembacanya dan berikan saran pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *